SOLOPOS.COM - Kondisi lalu lintas di depan Masjid Ar Riyadh sehari sebelum puncak acara Haul Habib Ali, Senin (14/11/2022) pagi. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Sejarah penyebaran agama Islam di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), tak bisa dilepaskan dari tokoh-tokoh atau ulama kharismatik, salah satunya Habib Alwi bin Ali Al-Habsy. Jejak peninggalan Habib Alwi pun hingga kini masih bisa dilihat melalui Masjid Ryadh yang terletak di kawasan Pasar Kliwon, Solo.

Masjid Riyadh merupakan salah satu masjid yang berada di Solo yang sering dikunjungi masyarakat, baik dari dalam maupun luar area Soloraya. Masjid Riyadh ini menyimpan cerita sejarah yang berhubungan dengan jejak dakwah Habib Alwi bin Ali Al-Habsy.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dilansir video Jejak Dakwah Islam di Solo: Masjid-Masjid Bersejarah di Kota Bengawan di kanal Youtube Espos Indonesia, Habib Alwi awalnya berdakwah ke Indonesia mengikuti perintah dari ayahandanya yang telah meninggal dunia. Menurut cerita yang beredar, sebelum ke Solo, Habib Alwi juga pernah tinggal di Palembang dan Jakarta. Masjid Riyadh yang merupakan bukti dakwah Habib Alwi ini memilki beberapa fakta menarik.

  • Penamaan Masjid

Masjid ini didirikan oleh Habib Alwi Al-Habsyi yang merupakan putra dari Habib Ali Al-Habsyi pada tahun 1916. Menurut Mas Bagus Sigit Kurniawan yang merupakan penulis buku Santri Surakarta dalam kanal Youtube Espos Indonesia, nama masjid yang didirikan oleh Habib Alwi ini memang sama dengan nama masjid yang didirikan ayahandanya di Hadramaut, Yaman.

  • Dibangun di Tanah Wakaf

Masjid ini merupakan masjid yang dibangun di tanah wakaf. Dilansir dari beberapa sumber, area masjid rupanya dibangun di atas tanah wakaf dari Habib Muhammad bin Abdullah Al-Idrus. Sosok ini merupakan teman dari Habib Alwi, yang mengajaknya untuk tinggal di Solo.

  • Kampung Arab di Solo

Pada tahun 1933, Habib Alwi yang berdakwah di Indonesia mendirikan Masjid Riyad di Pasar Kliwon. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang ada di perkampungan atau jika di Solo menyebutnya dengan istilah Kampung Arab. Dilansir dari Youtube Espos Indonesia, Kampung Arab atau Kampung Pasar Kliwon ini memang tidak jauh dari Keraton Surakarta dan menjadi pusat tinggalnya keturunan Rasulullah SAW di Jawa.

  • Terdapat 3 Makam

Di masjid ini terdapat 3 makam keturunan Habib Ali, yaitu makam Habib Alwi, Habib Anis, dan Habib Ahmad. Habib Alwi bin Ali Al-Habsy adalah putra kandung Habib Ali. Kemudian, Habib Ahmad bin Alwi Al Habsy yang merupakan putra Habib Alwi atau cucu dari Habib Ali. Habib Ahmad lahir saat ayahnya masih di Hadramaut. Sedangkan adiknya, Habib Anis lahir di Indonesia.

  • Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi

Setiap tahunnya, Masijid Riyadh memperingati hari wafat (haul) Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Dikutip dari beberapa sumber, acara haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi tabun lalu digelar dari tanggal 12-15 November 2022. Dalam pelaksanaannya, acara ini dihadiri oleh ribuan umat Islam dari segala penjuru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya