SOLOPOS.COM - Patung sapi yang menjadi ikon Kabupaten Boyolali menyambut pelaku perjalanan yang singgah di rest area KM 487 tol Boyolali di Gumukrejo, Teras. (transmargajateng.co.id)

Solopos.com, SOLOTol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah dilengkapi setidaknya lima rest area besar, salah satunya di KM 487 A Tol Semarang-Solo wilayah Boyolali. Rest area ini diberi nama Bale Nglaras.

Tempat pemberhentian atau istirahat ini penting bagi pengendara, termasuk pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran 2023. Para pengemudi yang sudah berkendara selama berjam-jam butuh istirahat untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pengendara yang lelah dan mengantuk sangat membahayakan karena bisa menyebabkan kecelakaan. Bale Nglaras terletak di  jalur A dan B tol Boyolali wilayah Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali.

Rest area di KM 487 tol Boyolali ini memiliki posisi strategis karena berada di jalur lelah atau fatigue area menurut Satlantas Boyolali. Selain itu jalur tol mulai dari Salatiga, Boyolali, sampai Colomadu juga merupakan jalur tengkorak lantaran kerap terjadi kecelakaan.

Sebagai tempat istirahat, rest area Bale Nglaras dibangun dengan fasilitas lengkap sejumlah keunikan yang menjadi daya tarik. Salah satunya keberadaan patung sapi yang merupakan ikon Kabupaten Boyolali.

Patung sapi itu siap menyambut para pelaku perjalanan yang mampir ke rest area Bale Nglaras di KM 487 Tol Boyolali. Keunikan lainnya yakni rooftop yang menyajikan pemandangan indah alam sekitar saat sunrise maupun sunset.

“Memiliki rooftop atau teras di atas membuat rest area ini menjadi unik. Para pengunjung dapat menikmati suasana sejuk saat sunrise maupun saat sunset,” tulis ulasan di laman jatengprov.go.id.

Mengutip transmargajateng.co.id, rest area Bale Nglaras yang diresmikan pada Desember 2020 itu memiliki fasilitas lengkap mulai dari musala, toilet, toilet khusus difabel, ruang laktasi, mesin ATM, hingga food corner. Kemudian ada pula stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) modular saat arus mudik dan balik Lebaran.

Tak ketinggalan aneka jajanan produk asli usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Boyolali. Tempat parkir disediakan untuk mobil golongan I yang nyaman dan memadai. Lalu ada pameran batik dan tanaman di Rest Area KM 487 A Tol Boyolali pada momen arus mudik dan balik Lebaran ini.

Pejabat Humas Trans Marga Jateng, Dian Saputra, mengatakan saat Ramadan, rest area itu ramai pada jam sore atau waktu berbuka puasa. Semakin mendekati Lebaran, pelaku perjalanan yang singgah terus meningkat dan mencapai puncaknya pada Rabu-Kamis (19-20/4/2023) dengan hampir 2.000 kendaraan singgah.

“Bila rest area penuh, bisa keluar ke gerbang tol terdekat untuk beristirahat, itu tidak mempengaruhi tarif tol,” kata dia saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (20/4/20230.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya