SOLOPOS.COM - Toilet portabel (JIBI/Solopos/Dok)

Fasilitas publik Solo, Pemkot akan memasang dua toilet portabel di Vastenburg dan Monjari.

Solopos.com, SOLO–Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo akan memasang toilet umum di taman kota Monumen 45 Banjarsari (Monjari) dan pelataran Benteng Vastenburg sisi barat. Pemasangan toilet  tersebut untuk memberikan kelengkapan fasilitas di ruang publik.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Informasi yang dihimpun Solopos.com, toilet baru tersebut berjenis portabel (bisa dipindahkan ke tempat lain). Toilet ini berukuran lebih besar dari Paturasan yang sebelumnya dibangun DKP di tiga taman kota Solo. Masing-masing toilet kontainer memuat empat ruangan, dua untuk toilet pria dan dua untuk wanita.

Kepala DKP Hasta Gunawan menerangkan pemasangan toilet portabel di dua taman kota tersebut sudah dianggarkan senilai Rp250 juta dari APBD 2015.

“Selain lima paturasan yang sudah ada, kami segera memasang toilet portabel di Monjari dan Benteng Vastenburg sebelah barat,” terangnya saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (1/12/2015).

Hasta mengungkapkan pemasangan toilet baru akan dikebut setelah pembangunan taman Monjari rampung. “Monjari kan sudah hampir selesai. Setelah itu, toilet segera kami pasang. Tujuannya untuk melengkapi fasilitas di ruang publik,” jelasnya.

Menurut Hasta, pihaknya sedang menyusun evalusi pemanfaatan toilet umum gratis di ruang publik.

“Kami mengamati pemanfaatannya. Paturasan Manahan banyak dimanfaatkan di Minggu. Harian yang sering terpakai Paturasan Sriwedari. Sedangkan Paturasan Benteng Vastenburg sering dipakai sore dan malam. Kami lihat kebutuhan di benteng masih kurang, jadi ditambah satu lagi dekat tempat parkir,” katanya.

Hasta menyebutkan hingga saat ini pihaknya telah menyediakan toilet umum di seputaran Stadion Manahan, city walk Purwosari, city walk Sriwedari, taman kota Purwonegaran, serta Benteng Vastenburg.

“Toilet umum dibuka selama 24 jam. Kecuali untuk Monjari dan Purwosari. Kalau malam hari kedua tempat itu cukup sepi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya