SOLOPOS.COM - Cacing keluar dari tanah di Socakangsi, Jatinom, Klaten. (Instagram @kabar_klaten).

Solopos.com, SOLO -- Tak hanya di Kota Solo, fenomena ribuan cacing keluar dari tanah juga terjadi di sejumlah tempat di Soloraya, seperti Jatinom, Klaten; dan Sukoharjo. Cacing-cacing itu keluar bersamaan pada Sabtu (18/4/2020) pagi sehingga menimbulkan berbagai spekulasi terkait fenomena alam lainnya.

Informasi munculnya keluarnya cacing dari tanah di Socakangsi, Jatinom, Klaten, muncul di akun Instagram @kabar_klaten, Sabtu (18/4/2020). Ada sebuah video dan foto yang menunjukkan cacing-cacing berwarna merah bertebaran di permukaan tanah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ribuan Cacing Keluar dari Tanah, Bertebaran di Trotoar Pasar Gede Solo

"Cacing keluar juga terjadi di daerah Socakangsi Jatinom #Klaten. Video @gupe502," tulis pengelola akun @kabar_klaten dalam keterangan di unggahan tersebut.

Sebagian netizen berpendapat ribuan cacing yang keluar dari tanah di Jatinom, Klaten, itu terjadi karena efek penyemprotan desinfektan yang masif. Namun, belum ada bukti bahwa desinfektan menjadi penyebab fenomena ini.

1 Lagi Alumni Ijtima Gowa Positif Covid-19, Warga Kedunglumbu Solo

"Tetap tenang rasah mikir sek neko neko lur , mungkin itu efek desinfectan atau sabun yang bbrp hari terakir di semprotkan trus menerus yang kmudian larut oleh air hujan meresap kedalam tanah lur ,, sing kulino golek cacing go tehnik air di campur sabun mesti paham," komentar pengguna akun @erwinpranatta.

Informasi lain yang diterima Solopos.com menyebutkan fenomena keluarnya cacing dari tanah di Windan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Cacing-cacing itu bertebaran di jalan-jalan kampung dan akhirnya disapu oleh warga setempat.

Gawat! Produksi APD dan Masker Terancam Berhenti Setelah Juni

Sama dengan yang di Jatinom, warga setempat menduga cacing-cacing itu keluar dari tanah akibat penyemprotan desinfektan yang belum lama ini dilakukan hingga dua kali. Kebetulan, pada Jumat (17/4/2020) sore, terjadi hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Soloraya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, warga di sejumlah titik melaporkan adanya fenomena aneh, yaitu ribuan cacing keluar dari dalam tanah dalam dua hari terakhir di berbagai titik Kota Solo.

Merayap Lalu Mati

Cacing-cacing tersebut keluar pada pagi hari dan merayap di permukaan sebelum akhirnya mati, namun ratusan lainnya kembali lagi ke dalam tanah. Warga Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Riri Anwari, mengaku cacing tersebut muncul pada Jumat (17/4/2020) sekitar pukul 05.30 WIB.

Gawat! Produksi APD dan Masker Terancam Berhenti Setelah Juni

“Tidak banyak, mungkin puluhan. Tapi menurut saya aneh sekali, karena tidak biasa. Sebagian saya sapu ke bawah pohon mangga, sebagian lagi mati. Menjelang siang, cacing-cacing itu sudah tidak ada. Sebenarnya tidak masalah, tapi anak-anak jijik karena merayap ke mana-mana. Daripada mereka heboh, saya bersihkan saja,” kata dia, kepada Solopos.com, Sabtu (18/4/2020).

Fenomena serupa juga muncul di Pasar Gede pada Sabtu sekitar pukul 05.30 WIB. Cacing itu keluar dari tanah di taman sebelah utara Pasar Gede Solo, lalu merayap hingga ke jalur pedestrian. Salah seorang pedagang di sekitar lokasi itu, Marsono Hadiwiyono, mengatakan cacing yang keluar mencapai ratusan ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya