SOLOPOS.COM - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri menggandeng Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar School Health Program (SHP), di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (18/11/2023). (Istimewa/UMS).

Solopos.com, SUKOHARJO — Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo menggandeng Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar School Health Program (SHP), di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (18/11/2023).

Kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com pada, Minggu (19/11/2023), Ketua Panitia BKGN UMS 2023, Nina Runting menyebutkan dalam laporan kebijakannya, kegiatan ini diadakan dengan jumlah peserta hampir mencapai 4.000 siswa.

Peserta tersebut berasal dari 27 Sekolah Dasar sederajat yang berada di sekitar Solo.

“Tujuannya, untuk memberikan edukasi kesehatan gigi dan mulut dan membentuk kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nanti akan dipantau selama 21 hari ke depan, kemudian akan diadakan kompetisi antar SD,” terang Nina.

Dalam kesempatan itu, Direktur RSGM, Ida Witiasati, mengungkapkan tema pada peringatan BKGN pada 2023 yakni Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat.

Pelaksanaan BKGN pada tahun ini diawali dengan SHP yang merupakan program edukasi untuk murid usia dini mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Luar Biasa (SLB).

Selain SHP, dalam memperingati BKGN 2023, RSGM Soelastri akan mengadakan layanan pemeriksaan gigi Free Dental Treatment yang rencananya dilaksanakan pada Rabu-Jumat (22-24/11/2023) di RSGM Soelastri.

“Izinkan kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi aktif kepada seluruh pimpinan UMS, seluruh kepala sekolah dan jajarannya, murid, mitra kerja, dan para mahasiswa FKG. Semoga acara dapat berjalan dengan lancar dan mendapat ridho dari Allah SWT,” ungkap Direktur RSGM itu.

Sementara itu, Dekan FKG UMS, Dendy Murdiyanto  mengungkapkan tujuan dari penyelenggaraan School Health Program ini selaras dengan visi FKG UMS, yaitu memberi arah perubahan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, bapak ibu guru menerapkan hidup sehat, serta dapat melaksanakan anjuran dan arahan. Insyaallah FKG siap mensukseskan acara ini! Mengabdikan diri pada masyarakat,” harap Dekan FKG UMS itu.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan pembukaan secara simbolis oleh Ketua BPH RSGM Soelastri yang diwakiliki oleh Wakil Rektor II UMS, Muhammad Da’i.

Terdapat pula materi edukasi tentang Makanan untuk Kesehatan Gigi pada Anak dengan narasumber dari Centre for School Nutrition Health Movement yang merupakan Lembaga Riset dan Inovasi UMS yang berkolaborasi dengan UNESCO Chair Global Health and Education.

Materi kedua, dilanjutkan dengan mengambil tema Kesehatan Gigi dan Mulut yang dipaparkan oleh Nendika Dyah Ayu Murika Sari.

Sejumlah siswa yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut juga antusias menyanyi dan menari. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang disampaikan melalui simulasi sikat gigi bersama yang dipandu oleh Nendika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya