SOLOPOS.COM - Perwakilan dari sejumlah elemen masyarakat Kota Solo mengikuti apel pasukan pengoperasian Pos Pelayanan Mudik Lebaran 2022 di Mojosongo, Jebres, Kamis (28/4/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Forum Sukarelawan Search and Rescue (For SAR) Kota Solo mendirikan Pos Pelayanan Mudik Idulfitri atau Lebaran 2022 di wilayah Kelurahan Mojosongo. Pos pelayanan yang didirikan secara mandiri oleh para sukarelawan tersebut dimulai pada Kamis (28/4/2022) malam.

Apel personel pos pelayanan For SAR diikuti perwakilan dari sejumlah organisasi atau elemen yang terlibat. Seperti unsur dari organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila (PP) dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Total ada 15 kelompok sukarelawan dan beberapa ormas yang mendukung operasional Pos Pelayanan For SAR di Kelurahan Mojosongo. Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Pos Pelayanan Mudik For SAR berada di depan Kantor Kelurahan Mojosongo dan di ujung Jl Ring Road Mojosongo, Solo.

Area pantauan tim di dua Pos Pelayanan tersebut di wilayah Kecamatan Jebres dan sekitar. Ketua Forum SAR Solo, Mulyadi BG, menjelaskan setiap organisasi atau elemen masyarakat yang terlibat dalam operasi Pos Pelayanan Mudik For SAR punya keahlian masing-masing.

Seperti SAR PKU Muhammadiyah Solo yang cukup ahli dalam pelayanan medis. Begitu juga ada Rajawali Merah Putih yang menjadi motor ketika terjadi situasi emergency atau membutuhkan tim SAR.

Baca Juga: Belum Ada Pemudik Mampir ke Posko Mudik Lebaran Jurug Solo, Posko Lain?

Modal Ikhlas

Sedangkan untuk jaringan komunikasi menggunakan pesawat radio serta akses kamera CCTV di Solo diserahkan kepada komunitas Ngamulyo. “Pos ini didirikan atas dasar keikhlasan semua sukarelawan Solo dalam melayani masyarakat pemudik baik warga Solo maupun masyarakat yang melintas di Solo. Kegiatan di Pos Pelayanan For SAR Solo akan dibuka hingga 5 Mei 2022,” terang Mulyadi.

Para pemudik yang merasa kelelahan atau mengantuk dapat memanfaatkan Pos Pelayanan Mudik For SAR di Mojosongo, Solo, untuk beristirahat. Sebab di pos ini terdapat rest area yang dapat menampung hingga 15 orang. Para pemudik bisa beristrahat dengan santai.

Personel di Pos Pelayanan Mudik For SAR akan berjaga selama 24 jam dalam sehari. Pos ini juga dilengkapi peralatan seperti alat pemadam api ringan, tabung oksigen, dan radio komunikasi yang terintegrasi dengan komunitas radio amatir Soloraya.

Baca Juga: Sambut Pemudik, Dishub Solo Pasang Tenda Posko Lebaran di Jurug Solo

Ada juga tim montir mobil dan sepeda motor yang siap digerakkan setiap saat, obat-obatan, serta tiga mobil ambulans. Dalam sehari tim jaga di pos itu dibagi ke dalam tiga sif, di mana setiap sif terdiri 10 personel. Mereka gabungan dari berbagai komunitas.

Sedangkan Kapolsek Jebres, Kompol Suharmono, saat apel pasukan Pos Pelayanan Mudik For SAR, mengatakan area yang perlu dipantau secara intensif karena berpotensi terjadinya tindak kejahatan dan penularan Covid-19 yakni sekitar Taman Jaya Wijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya