SOLOPOS.COM - Pengendara kendaraan melintas di ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri di dekat Bundaran Patung Ir. Soekarno, Senin (29/8/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia bakal meriah dengan agenda Festival Agustus Merdeka yang dipusatkan di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri selama 4-20 Agustus 2023.

Berbagai kegiatan mulai dari gowes, bazar kuliner, pawai budaya, hingga penampilan artis bakal terjadi dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan. 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menerangkan selain untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Festival Agustus Merdeka 2023 juga bagian dari upaya Pemkab untuk menumbuhkan gairah perekonomian masyarakat. Festival itu diharapkan memberi ruang-ruang interaksi antarmasyarakat sehingga tercipta peluang-peluang ekonomi.

Dia menerangkan kegiatan serupa pernah terselenggara pada peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 2022 lalu. Dari kegiatan itu, menurut Bupati, ada dampak yang cukup efektif untuk menggeliatkan semangat masyarakat.

“Terbukti, pertumbuhan ekonomi kami [Wonogiri] pada 2022 mencapai 5,6%,” kata Joko Sutopo kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (2/8/2023).

Jekek, sapaan akrabnya, menyampaikan anggaran penyelenggaraan Festival Agustus Merdeka di Wonogiri berasal dari Dana Alokasi Umum (DAK) dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Tetapi dia mengaku belum bisa menyebutkan detail nilai anggaran tersebut. “Ini belum fix, masih kami atur. Jadi saya belum bisa menyampaikan berapa nilai total anggarannya,” ucap dia.

Bupati menyebut operator dan pelaku-pelaku usaha yang terlibat dalam Festival Agustus Merdeka ini merupakan sumber daya manusia lokal Wonogiri. Pemkab ingin festival ini bisa memberdayakan pelaku usaha lokal. Dengan begitu, putaran ekonomi tetap berada di Wonogiri. 

Dia melanjutkan meski Pemkab menggelar peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang berpusat di Alun-Alun Kiri Krida Bakti, warga di masing-masing wilayah Wonogiri bisa menyelenggarakan agenda dengan bentuk lain.

Agenda itu termasuk kegiatan-kegiatan perlombaan olahraga. “Ini untuk menumbuhkan semangat bersama. Semangat bergotong royong,” imbuhnya.

Berikut rangkaian agenda dan event Festival Agustus Merdeka di Wonogiri:

Jumat (4/8/2023): Jalan Sehat Kemerdekaan di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri

Minggu (6/8/2023): Bincang Cukai yang dimeriahkan penyanyi Wiro Widowati di Pendopo Rumah Dinas Bupati

Sabtu (12/8/2023): Konser musik Ndarboy Genk di Alun-Alun Giri Krida Bakti

Minggu (13/8/2023): Gowes dan Fun Rrun di Alun-Alun Giri Krida Bakti

Minggu—Senin (13-14/8/2023): Ngecamp kebangsaan di Museum Kars

Senin (14/8/2023): Festival kuliner dan festival band lokal di Alun-Alun Wonogiri

Selasa (15/8/2023): Lomba mewarnai dan festival reog dan campursari di Alun-Alun wonogiri

Rabu (16/8/2023): Ziarah nasional dan tabur bunga di taman makam pahlawan, donor darah, dan malam tirakatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati

Kamis (17/8/2023): Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Stadion Pringgondani

Sabtu (19/8/2023): Konser Orkes Musik Dangdut Adela di Alun-Alun Wonogiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya