SOLOPOS.COM - Petugas BBWSBS bersama warga melakukan aksi bersih di Sungai Dengkeng Klaten, Sabtu (19/11/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menggelar kegiatan aksi bersih sungai di bantaran Sungai Dengkeng di Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala BBWSBS, Maryadi Utama, beserta Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA), Naryo Widodo, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai III, Isnaeni Murdi Hartanto, dan PPK Operasi dan Pemeliharaan (O&P) II, Depy Riawan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebelumnya, Sungai Dengkeng meluap dan menyebabkan kejadian banjir yang merendam di tiga desa, yakni Desa Talang di Kecamatan Bayat, Desa Planggu di Kecamatan Trucuk, serta Desa Balak dan Desa Cawas di Kecamatan Cawas pada 14-15 November 2022.

Dalam kerja bakti tersebut, dilakukan pembersihan tumpukan sampah dan batang pohon bambu tumbang yang mengganggu kelancaran arus sungai sehingga menyebabkan terjadinya luapan air.

Baca Juga: Gelar Apel, BBWSBS Ungkap Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana

Maryadi Utama di sela tinjauan lapangan menyampaikan aksi bersih Sungai Dengkeng turut melibatkan komunitas peduli sungai di wilayah Klaten.

“Kami telah berkoordinasi dengan Pemkab Klaten serta melibatkan elemen masyarakat melalui komunitas peduli sungai. Karena sungai ini milik kita bersama, jadi perlu gotong royong dari berbagai pihak,” katanya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com.

Maryadi juga berpesan agar masyarakat mau bersinergi dalam menjaga kebersihan sungai, sehingga tidak ada lagi sampah yang menyumbat, untuk menghindari potensi banjir.

Baca Juga: Dilanda Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Bayat Klaten Kebanjiran

BBWSBS juga telah memberikan bantuan sembako melalui PUPR Peduli bagi warga terdampak banjir serta mengirimkan bahan banjiran berupa sandbag sebanyak 2.500 buah untuk penanggulangan tanggul jebol Sungai Dengkeng yang terbagi 1.500 buah di wilayah Desa Talang, Kecamatan Bayat dan 1.000 buah sandbag yang berada di wilayah Desa Balak, Kecamatan Cawas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya