SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO–Pemerintah (Pemkot) Solo terus mendorong kalangan pelajar agar gemar membaca di perpustakaan. Perpustakaan keliling bakal dioptimalkan dengan menggandeng sekolah dan komunitas masyarakat.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Solo menggelar Hari Kunjungan Perpustakaan 2023 di halaman kantor setempat, Kamis (14/9/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Acara itu dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan seratusan siswa SD se-Kota Solo. Sebelumnya, beragam lomba digelar dalam rangka peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan seperti lomba mewarnai dan lomba menggambar.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan kalangan pelajar didorong untuk mengunjungi perpustakaan guna mendongkrak tingkat literasi dan gemar membaca.

Mereka bisa datang ke kantor Disarpus Solo atau mobil perpustakaan keliling. “Isi dunia itu ada di perpustakaan. Jadi siswa wajib mengunjungi perpustakaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan,” kata dia.

Menurut Teguh, pemerintah berupaya meningkatkan minat baca utamanya bagi kalangan pelajar. Mobil perpustakaan keliling digencarkan untuk menjangkau kelurahan-kelurahan maupun gang-gang perkampungan.

Tak hanya itu, program literasi juga digenjot di setiap kelurahan dengan adanya pojok baca. Masyarakat bisa membaca buku di pojok baca yang disediakan pemerintah.

“Nanti, jumlah pengunjung perpustakaan dihitung setiap bulan. Ada peningkatan atau tidak, dievaluasi apa saja buku yang sering dibaca pengunjung,” kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disarpus Solo, Kentis Ratnawati, mengatakan tingkat kunjungan perpustakaan mengalami kenaikan setiap bulan.

Pada akhir Juli, jumlah pengunjung perpustakaan sekitar 1.200 orang. Jumlah pengunjung perpustakaan bertambah sekitar 200 orang menjadi 1.400 orang pada akhir Agustus.

Kentis berharap tingkat kunjungan perpustakaan kembali meningkat pada September. “Banyak warga Solo yang belum tahu ada fasilitas perpustakaan di kantor Disarpus Solo. Padahal, koleksi buku di perpustakaan mencapai puluhan ribu buku,” papar dia.

Ditanya soal mobil keliling perpustakaan, Disarpus Solo memiliki lima unit mobil keliling perpustakaan. Selama ini, permintaan agar mobil keliling perpustakaan paling banyak dari sekolah.

“Sekarang kami juga berusaha menggandeng komunitas masyarakat agar mobil keliling perpustakaan bisa masuk ke gang-gang perkampungan,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya