SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menpora, Zainuddin Amali saat mengunjungi Stadion Manahan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023, Minggu (12/3/2023). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan venue dan persiapan Piala Dunia U-20 berjalan lancar dan aman meski ada pernyataan dari sejumlah gubernur yang menolak tim nasional sepak bola Israel bermain di Indonesia, termasuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

“Tugas saya sebagai tuan rumah menyiapkan venue, dah itu saja. Tugas saya, menyiapkan venue, kami pastikan acara berjalan lancar dan aman di Kota Solo,” kata Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (24/3/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ditanya apakah ada arahan PDIP terkait Piala Dunia U-20 2023 kepada kepala daerah, Gibran mengatakan dia tidak mendapatkan arahan atau instruksi dari PDIP. Gibran juga tidak mau menanggapi dampak dari penolakan sejumlah gubernur.

“Intinya tugas saya menyiapkan venue dan kami pastikan acara berjalan lancar, wis itu saja. Untuk selanjutnya saya menunggu arahan lagi Pak Ketum PSSI [Erick Thohir], Menpora [Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga, Muhadjir Effendy], dan lain-lain,” ungkapnya.

Dia mengatakan Erick Thohir menghadiri agenda Kongres FIFA di Rwanda baru-baru ini. Tujuannya menindaklanjuti event-event olahraga setelah Piala Dunia U-20 2023. Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 menjadi tolak ukur event berikutnya.

“Ini menjadi tolak ukur. Kalau U-20 berhasil, Indonesia bisa dapat event yang lebih besar lagi,” ujarnya.

Menurut Gibran, Pemkot Solo terus melakukan koordinasi dengan PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan FIFA. FIFA akan melakukan kunjungan pengecekan venue didampingi PSSI di Kota Solo, akhir pekan ini.

“Semua lapangan yang digunakan akan ditinjau. FIFA ke sini dulu, sore ke Surabaya,” ungkapnya.

Gibran belum tahu apakah Erick Thohir bakal mendampingi FIFA ke Kota Solo.

Sebelumnya, Ganjar mendorong upaya terobosan agar Israel tidak main di Indonesia dalam Piala Dunia U-20. Sikap itu merupakan wujud komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina sesuai amanat Presiden I RI, Sukarno.

Ganjar mengatakan sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau,” katanya di Semarang (23/3/2023).

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Gibran mendampingi Ketua Umum PSSI yang juga Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir meninjau venue-venue calon penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-20 2023, Minggu (12/3/2023).

Erick juga didampingi sejumlah pejabat, antara lain, Wakil Ketua Umum PSSI, Zainuddin Amali; Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha; Direktur  Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Essy Asiah.

Lokasi yang ditinjau, antara lain Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, dan Lapangan Banyuanyar.

“Kalau di cabor sepeda ada Tour de France, yang kami lakukan Tour Stadium. Kunjungan ke Solo sangat penting mengingat kota ini tak hanya menjadi ajang babak penyisihan dan partai final, tapi juga acara selebrasi penutupan Piala Dunia,” kata Erick.

Erick mengatakan kehadirannya untuk memberi pendampingan dan membantu memberi solusi terkait persiapan Piala Dunia U-20. Hal itu termasuk di Solo.

“Kami datang langsung karena Piala Dunia U-20 penting buat kita. Bersama negara-negara Asia Tenggara, kita mulai membicarakan proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 jadi ujiannya. Kita harus sukses dan serius kaitan Piala Dunia U-20, cek satu persatu. Event ini menjadi harga diri bangsa kita,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya