SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (20/1/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Gugatan batas usia minimal Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (16/10/2023).

Sejumlah kalangan mulai santer berspekulasi tentang apa yang akan menjadi putusan MK awal pekan depan. Sebagian berpendapat MK tak akan menurunkan batas usia minimal Capres-Cawapres dari 40 tahun menjadi 35 tahun. Sebagian berpendapat yang berbeda.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Masing-masing mempunyai dasar pemikiran dan pertimbangan masing-masing. Tapi bagaimana bila MK memutuskan mengabulkan gugatan dan menurunkan usia minimal Capres-Cawapres? Ternyata hal itu tidak hanya akan membuka jalan bagi Gibran Rakabuming Raka.

Bila usia minimal Capres-Cawapres diturunkan menjadi 35 tahun, ada sejumlah tokoh muda yang juga bisa maju menjadi Cawapres. Salah satunya Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak. Politikus muda Partai Demokrat tersebut saat ini berusia 39 tahun.

Secara pengalaman, Emil juga telah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat berbincang dengan Solopos.com baru-baru ini juga mengakui kiprah dari sosok Emil Dardak. Menurut Gibran, Emil cocok menjadi Cawapres.

Apalagi suami dari Arumi Bachsin tersebut selalu berpenampilan menarik dengan paras yang ganteng. “Kurang apa coba Mas Emil. Beliau muda, ganteng, pintar, istrinya cantik. Beliau cocok sekali menjadi Calon Wakil Presiden [Cawapres],” tutur Gibran

Apalagi, menurut dia, Emil Dardak adalah alumnus pendikan luar negeri. Gibran berharap semua pihak bisa melihat dinamika gugatan usia minimal Cawapres dari persektif yang luas. Artinya, dia mengatakan, ada sejumlah tokoh muda lain yang bisa maju.

“Selama ini orang melihatnya ke saya terus. Selalu Saya yang dicurigai,” kata dia. Di sisi lain, hubungan Gibran dan Emil terbilang baik. Walau berbeda parpol, mereka sudah seperti teman.

Emil pernah mengunjungi Gibran di Balai Kota Solo pada Januari 2023. Saat diwawancara wartawan usai pertemuan, Gibran dan Emil saling lempar pujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya