SOLOPOS.COM - Mobil dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diparkir di Jl A Yani, sekitar lokasi proyek Viaduk Gilingan, Solo, Rabu (26/4/2023). (Solopos.com-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Warga sekitar proyek Viaduk Gilingan, Solo memilih mengelola parkir bukan tanpa sebab. Penghasilan mereka berkurang akibat proyek namun uang tali asih dari pelaksana proyek dianggap terlalu kecil.

Salah satu perwakilan warga, RT 004/RW 005 Kelurahan Gilingan, Agung, 33, menjelaskan warga memilih mengelola parkir di Jl. A. Yani, tepatnya barat Viaduk Gilingan, Solo untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Yang diharapkan warga di sini tetap mengelola parkir karena kami terdampak proyek viaduk,” kata dia, Rabu (26/4/2023) malam.

Dia mengatakan warga sekitar menjalankan sejumlah usaha, termasuk dagang dengan omzet harian yang lumayan. Namun usahanya ada yang mati selama adanya proyek pembangunan Viaduk Gilingan.

“Saya ada bengkel bubut pemasukan per hari Rp500.000. Sekarang mati, bengkel tutup. Sekarang cari kerja susah terkendala usia,” paparnya.

Dia mengatakan perusahaan pelaksana proyek hanya memberikan Rp600.000 kepada setiap keluarga untuk tiga bulan. Uang itu tidak sampai Rp10.000 untuk setiap keluarga per harinya.

“Cuma parkir yang jadi harapan. Kami izin ke kontraktor untuk mengelola parkir,” jelasnya.

Agung berharap kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka supaya warga mendapatkan uang ganti rugi yang sepadan atau boleh mengelola parkir di Jl, A, Yani, barat Viaduk Gilingan.

“Parkir Jumat, Sabtu, Minggu itu pengunjungnya banyak. Lahan parkir timur Viaduk Gilingan kan juga tidak bisa menampung kendaraan pengunjung,” bebernya.

Adapun Gibran telah mengirim bantuan sembako kepada 43 keluarga terdampak proyek, Rabu malam. Agung bersyukur mendapatkan bantuan itu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

Sebelumnya, Gibran kembali memarkirkan mobil dinasnya di sekitar lokasi yang bermasalah di sekitar Viaduk Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (26/4/2023) petang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, mobil dinas Wali Kota Solo berada di bagian barat Viaduk Gilingan. Petugas Dinas Perhubungan Solo berjaga di lokasi tersebut. Sementara akses Viaduk Gilingan, Solo ditutup waktu pekerjaan proyek.

Sejumlah warga melakukan aktivitas di sekitar lokasi. Kondisi cuaca sempat gerimis waktu itu. Gibran melakukan hal itu supaya Jl. A. Yani, tepatnya di barat Viaduk Gilingan steril dari parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya