SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep (tengah) saat berada di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (21/1/2023). (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—Adik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yaitu Kaesang Pangarep diprediksi akan maju sebagai calon Wali Kota (Cawali) Solo di Pilkada 2024.

Partai politik (Parpol) yang akan dipilih sebagai kendaraan Kaesang maju di ajang pesta demokrasi lima tahunan itu PDIP. Hal ini merujuk kiprah politik sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan sang kakak, Gibran, yang sudah lebih dulu masuk PDIP.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Apalagi Kaesang berasal dari Kota Solo yang notabene merupakan kandang banteng, atau basis kuat PDIP.

“Kaesang ini jalannya akan lebih mulus. Saya duga kalau pun dia [Kaesang] masuk ke politik, dia akan maju di Pilwalkot Solo. Itu jalan paling aman. Dan konteksnya dia akan menggantikan kakaknya yang kemungkinan maju sebagai calon Gubernur,” ujar Psikolog Politik UNS Solo, Moh Abdul Hakim, saat diwawancara Solopos.com via ponsel, Rabu (25/1/2023).

Ditanya apakah kehadiran Kaesang akan menyingkirkan kader lain PDIP untuk posisi calon Wali Kota Solo, Abdul Hakim menilai bisa saja. Apalagi PDIP punya sosok Teguh Prakosa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo, pendamping dari Gibran.

Menilik kepada rekam jejak atau karier politik Teguh selama ini, menurut Abdul Hakim, Teguh Prakosa berpotensi diusung PDIP sebagai calon Wali Kota Solo. Seperti diketahui, Teguh Prakosa pernah menjadi Ketua DPRD Solo dan telah matang di politik.

“Kita belum mendengar pernyataan Pak Teguh apakah beliau akan maju sebagai Cawalkot. Tapi mempertimbangkan track record beliau sebagai Sekretaris DPC PDIP sekarang, jadi Wawali, tentu proyeksi ke depan adalah jadi Wali Kota,” kata dia.

Abdul Hakim menilai kehadiran Kaesang di PDIP Solo berpotensi menjadi masalah atau pesaing berat bagi Teguh Prakosa. Tapi dia menilai masih ada kemungkinan Kaesang tidak lewat PDIP. Utamanya bila hubungan Jokowi dan PDIP tidak baik-baik saja.

“Kalau partai, sejauh hubungan Pak Jokowi dengan PDIP baik-baik saja, terutama menyangkut Capres 2024 mereka bisa bersepakat, saya pikir Kaesang akan masuk PDIP. Kecuali terjadi masalah antara Pak Jokowi dan PDIP terkait capres,” papar dia.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, Senin (23/1/2023), menyatakan PDIP Solo punya banyak kader yang siap diusung sebagai Cawali-Cawawali Solo di Pilkada 2024, bila Gibran maju sebagai calon Gubernur.

Namun, kader-kader itu diakui dia masih perlu diasah atau dipersiapkan untuk mengisi jabatan eksekutif di Solo. “Oh banyak kader di Solo. Sudah mulai disiapkan. Tapi kan masih harus dielus-elus sik,” kata dia di Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya