SOLOPOS.COM - Situasi seminar internasional bertajuk International Seminar on Startup and Innovation-driven Entrepreneurship (ISSIE 2023) di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (27/5/2023) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS Solo bersama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) menggelar seminar internasional bertajuk International Seminar on Startup and Innovation-driven Entrepreneurship (ISSIE 2023) di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (27/5/2023) siang.

Seminar itu mengambil tema khusus Startup and Innovation Ecosystems: Driving Economic Competitiveness. Kegiatan itu merupakan rangkaian acara pelantikan pengurus AIBI periode 2023-2027 yang dilanjutkan dengan rapat kerja nasional (Rakernas) AIBI. Acara digelar secara hibrid, yakni luring dan daring.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sekitar 300 orang mengikuti kegiatan itu baik secara daring maupun luring. Mereka adalah pengurus dan anggota AIBI, pelaku startup, pelaku inkubator bisnis, pemerhati kewirausahaan, mahasiswa dan masyarakat umum. Tampil sebagai pembicara, Assoc Prof. Dr. Omar Khadeer Hussain dari UNSW Canberra, Australia.

Ada juga Assoc Prof. Dr. Fabien Pecot dari TBS Bussiness School, Spanyol. Sedangkan di sesi plenary speakers ada pembicara Khresna Bayu Sangka dari UNS Solo, dan Dr. Kiwi Aliwarga dari UMG Idealab dan AIBI, serta Rosanto Adi dari Rosin Group Solo. Acara dibuka oleh Sekda Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi.

Ada juga Direktur Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS, Prof. Venty Suryanti. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan pelantikan pengurus AIBI dengan pembacaan SK Catur Sugiarto, sebagai Ketua Umum terpilih dan Kiwi Aliwarga sebagai Sekretaris Jendral Terpilih AIBI periode 2023-2027.

Mereka dilantik oleh Dewan Penasihat AIBI, Yani Sofyan, dan dilakukan penyerahan simbolis kepengurusan oleh Hadi K. Purwadaria sebagai Founder AIBI. Dalam kesempatan itu Catur Sugiarto mengajak seluruh pengurus untuk terus berkolaborasi, bekerja sama, dan berkomitmen mengembangkan organisasi AIBI.

“Pelantikan ini momentum bersejarah terulang kembali. Sebab pelantikan kepengurusan AIBI 2023-2027 diselenggarakan di Solo lagi. Saya mengajak bersama-sama membangun AIBI menjadi asosiasi inkubator bisnis cerah di masa depan, memajukan dengan program ekonomi dan kewirausahaan,” ungkap Catur.

Di sisi lain sesi diskusi berbahasa Inggris berlangsung secara interaktif. Peserta seminar internasional tampak antusias dengan proses dialogis dari peserta luring maupun daring. Peserta tertarik dan paham akan isu startup dan inovasi terkini yang dapat membangkitkan ekonomi bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya