SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meletakkan batu sebagai penanda dimulainya pembangunan gedung baru Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan di kompleks perkantoran Pemkab Karanganyar, Senin (1/1/2023). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar akan membangun gedung Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) di hutan kota. Lokasinya di selatan Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Cangakan, Kecamatan Karanganyar.

Pembangunan gedung baru di hutan kota tentu akan mengancam keberadaan pohon-pohon di sana. Namun, Pemkab telah mengantisipasi hal tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan pohon-pohon di hutan kota tidak akan ditebang. Melainkan dipindah ke tempat lain. “Lahan ini dulu adalah hutan kota. Artinya banyak tanaman di sini. Nah, akan kami minta tanaman ini diangkat dan dipindah ke bantaran sungai di sebelah selatan RSUD Karanganyar. Selain agar lestari, juga biar tanaman itu bisa menahan erosi di pinggiran sungai itu,” ujarnya dalam peletakan batu pertama kantor baru Dispertan PP di lokasi, Senin (2/1/2022).

Ia berharap kantor baru ini akan mendukung kegiatan dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Karanganyar. Bupati juga mewanti-wanti pelaksana proyek untuk menyelesaikan pembangunan tepat waktu.

Sementara itu, Kepala Dispertan PP Karanganyar, Siti Maesyaroch, mengatakan pagu anggaran proyek ini Rp5,8 miliar. “Namun nilai kontranya Rp4,6 miliar. Pemenangnya adalah CV Rejo Pawiro, perencana CV Vesta Mitra, dan pengawas CV Asanta,” ujarnya.

Ia menambahkan masa kontrak kerja salama 180 hari mulai 2 Januari 2023 hingga 30 Juni 2023. Gedung tersebut akan dibangun pada lahan seluas 21 meter x35 meter dengan ketinggian dua lantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya