SOLOPOS.COM - Seekor monyet liar menghebohkan warga di Kampung Beji, Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Kampung Beji, Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah resah dengan kemunculan seekor monyet liar sepekan terakhir.

Monyet liar ini bahkan berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya. Belum diketahui secara pasti sumber munculnya monyet liar tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Warga RT 002 RW003 Kampung Beji, Hari Purnomo mengatakan kemunculan monyet liar datang secara tiba-tiba. Temuan monyet liar ini baru kali pertama terjadi di wilayahnya.

“Saya sudah tinggal di sini dari tahun 1995 sampai sekarang. Baru kali ini ada monyet liar. Tidak tahu dari mana asalnya,” ungkapnya kepada Solopos.com, Senin (6/6/2022).

Seekor monyet liar ini muncul dan terlihat warga sejak sepekan lalu. Semula monyet liar terlihat di wilayah RT001 RW003 yang kini meluas ke RT lain. Kemunculan seekor monyet liar ini membuat warga resah. Terutama ibu dan anak-anak yang selama ini waktunya lebih banyak di rumah.

Baca Juga: Masuk Permukiman, 8 Ekor Kera Liar Bikin Resah Warga Kadipiro Sragen

Mereka mulai ketakutan jika keluar rumah, meski sejauh ini belum ada serangan dari monyet liar tersebut. Monyet masih berpindah dari tembok pagar, genting rumah ke rumah lainnya.

“Belum ada laporan masuk ke rumah. Paling di pagar atau genting rumah. Seperti tadi pagi di tembok belakang rumah saya,” tuturnya.

Warga khawatir serangan monyet menjadi-jadi dan dapat melukai warga setempat. Berbagai upaya sementara dilakukan warga setempat untuk menghalau serangan monyet. Salah satunya dengan menakuti monyet menggunakan tongkat bambu sebagai sumber bunyi-bunyian.

“Tongkat bambunya ini dipukul-pukul untuk ngusir monyetnya,” katanya.

Atas temuan ini, warga melaporkan kemunculan monyet liar ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kemudian ditindaklanjuti ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Karanganyar dan aparat kepolisian. Namun hingga kini belum berhasil dievakuasi.

Baca Juga: Kawanan Monyet di Jalan Pantai Baron, Pengendara Wajib Hati-Hati!

Kasi Damkar Satpol PP Karanganyar Renggo mengaku cukup kesulitan mengevakuasi monyet liar tersebut. Sudah sepekan terakhir petugas Damkar, BPBD dan aparat kepolisian dibuat sibuk mencari cara mengangkat monyet di Beji.

“Cukup sulit karena pindah ke sana ke sini dan di atas pohon atau bangunan rumah. Kita hanya bisa memantau,” katanya.

Yang terpenting, dia mengatakan kemunculan monyet belum masuk ke rumah-rumah warga. Pihaknya meminta warga tidak panik dan takut. Dalam waktu dekat pihaknya bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) akan mengevakuasi kera tersebut.

“Kami belum tahu kera ini datang dari mana. Apakah kera ini peliharaan orang atau bukan. Jika dilihat dari lokasi di sana jauh dari hutan dan alas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya