SOLOPOS.COM - Warga tengah mengevakuasi temuan hewan mati mirip macan di sungai Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jumat (14/10/2022). Hewan yang mulanya diduga macan itu merupakan anjing jenis pitbull. (Istimewa/Teguh Subroto)

Solopos.com, WONOGIRI — Warga di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri sempat digegerkan dengan penemuan seekor mirip macan tutul yang mati, Jumat (14/10/2022) pukul 09.00 WIB. Saat ditemukan, kondisi hewan yang diduga macan itu mengambang di sungai dalam keadaan sudah membusuk dan menggembung. 

Kepala Desa (Kades) Jatisari, Teguh Subroto, mengatakan penemuan yang diduga macan itu terjadi di sungai di Desa Tanduran, Desa Jatisari. Hewan itu ditemukan warga yang sedang melintas di sungai tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bentuk hewan itu seperti macan tutul. Ciri-ciri hewan tersebut berwarna cokelat dan di bagian tubuhnya terdapat tutul-tutul hitam.

Berat hewan sekitar 50 kg. Tidak ada bekas luka pada tubuh hewan itu. Warga langsung mengevakuasi hewan tersebut dari sungai Tanduran.

“Hewan itu ditemukan bapak-bapak di sungai Dusun Tanduran. Bentuknya kayak macan tutul. Ada tutul-tutulnya di badan hewan itu. Dibawa, dipikul warga bareng-bareng. Sekarang hewannya sudah dikubur oleh warga. Diperkirakan sudah mati dua-tiga hari lalu,” kata Teguh kepada Solopos.com, Jumat.

Baca Juga: 210 Dosis Vaksin Rabies bakal Dibagikan secara Gratis di Wonogiri

Penemuan itu sempat menggegerkan warga Dusun Tanduran. Sebab lokasi penemuan hewan itu tidak lazim.

Sungai yang menjadi tempat penemua itu merupakan sungai kecil dan buntu. Atas penemuan itu, warga kemudian melaporkan ke aparat polisi.

“Ada yang bilang itu [temuan hewan mati] anjing,” ujar dia.

Setelah beberapa waktu berjalan, Teguh memberitahukan Solopos.com bahwa temuan hewan mati di sungai itu merupakan anjing jenis pitbull. Hanya, motif dan corak hewan tersebut mirip macan tutul sehingga warga mengira hewan tersebut merupakan macan tutul.

Baca Juga: Marak Pemelihara Kucing di Wonogiri, Praktisi Psikologi: Bisa Redam Stres

Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Jatisrono, AKP Sukardi, membenarkan hal tersebut. Temuan hewan mati yang diduga macan tutul bukanlah macan tutul, melainkan anjing jenis pitbull. Hal itu diketahui setelah polisi memeriksa temuan tersebut di lokasi.

“Bukan macan tutul, tapi anjing pitbull. Tadi anggota [polisi[ sudah datang memeriksa. Ternyata memang anjing, bukan macan. Kalau macan sudah kami buat laporan ke pimpinan,” ujar dia.

Namun, sampai saat ini belum diketahui siapa pemilik anjing itu. Pihaknya juga belum mengetahui dari mana asal anjing tersebut. AKP Sukardi memprediksi anjing tersebut hanyut saat hujan deras melanda beberapa hari lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya