SOLOPOS.COM - Kereta kuda yang akan dipakai kirab pengantin Kaesang-Erina menyusuri Jl Slamet Riyadi Solo saat geladi bersih, Sabtu (10/12/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Panitia pernikahan Kaesang-Erina menggelar geladi bersih kirab kereta kuda menyusuri Jl Slamet Riyadi dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (10/12/2022).

Geladi bersih itu diikuti dua kereta kuda pengantin yang ditarik enam ekor kuda dan kereta kuda Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dua kereta kuda tampak keluar dari halaman Mapolresta Solo, Sabtu (10/12/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Salah satu kereta kuda itu ditarik enam ekor kuda yang bakal mengangkut pasangan pengantin. Sedangkan satu kereta kuda lainnya ditarik dua ekor kuda yang nantinya dinaiki Presiden Jokowi beserta istri.

Geladi bersih kirab kereta kuda untuk acara pernikahan Kaesang-Erina itu menyusuri Jl Slamet Riyadi dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Setiap ekor kuda dijaga satu pekatik.

Rencananya, personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas) Polsek Kesugihan, Polresta Cilacap, Aiptu Warsito, didapuk menjadi kusir kereta kuda pengantin.

Baca Juga: Karangan Bunga Ucapan Pernikahan Kaesang-Erina Mulai Penuhi Mangkunegaran

“Saya merasa terhormat dipercaya menjadi kusir kereta kuda pengantin. Saya juga sering menjadi kusir kereta saat event budaya,” kata Warsito, Sabtu.

Warsito menyebut kereta kuda pengantin ditarik enam ekor kuda. Kuda penarik kereta merupakan kuda betina yang cenderung lebih jinak dibanding kuda jantan.

Persiapan Terakhir

“Nanti setiap kuda dijaga satu pekatik di sepanjang jalur rute kirab. Memang nanti agak berbeda karena saat kirab pasti dipenuhi ribuan masyarakat. Jika kuda ada masalah nanti ditenangkan dengan disuntik atau cara lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Sah! Erina Gudono dan Kaesang Pangarep Jadi Suami Istri

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan geladi bersih dilakukan kali terakhir sebelum acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina pada Minggu. Pengamanan dilakukan mulai dari Loji Gandrung, rute kirab di Jl Slamet Riyadi hingga Pura Mangkunegaran.

“Jadi geladi bersih ini yang terakhir sebelum acara tasyakuran pernikahan. Bagaimana kereta kuda menyusuri rute, bagaimana tamu undangan dan sukarelawan berangkat ke Mangkunegaran. Sekali lagi, polisi siap menjamin keamanan dan menjaga kondusivitas keamanan,” ujarnya.

Seperti diketahui, setelah akad nikah di Jogja, Sabtu, Kaesang dan Erina akan langsung menggelar acara tasyakuran dengan mengundang ribuan tamu. Tamu-tamu yang diundang dari berbagai kalangan mulai kepala negara hingga bakul angkringan.

Baca Juga: Warga Soloraya Siap Buru Paket Makanan Gratis Nikahan Kaesang-Erina di Solo

Ribuan relawan pendukung Jokowim, ayah Kaesang, juga akan hadir pada acara tersebut. Sebelum acara tasyakuran terlebih dahulu Kaesang-Erina mengikuti upacara adat ngunduh mantu di Loji Gandrung. Kemudian mereka akan dikirab menuju Pura Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya