SOLOPOS.COM - Founder ESQ Group Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian berfoto bersama peserta Forum Komunikasi Alumni ESQ (FKA-ESQ) Wilayah Indonesia Barat di Pedan Ballroom, Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu (3/9/2022). (Istimewa/Panitia FKA ESQ)

Solopos.com, SOLO—Forum Komunikasi Alumni ESQ (FKA-ESQ) Wilayah Indonesia Barat menggelorakan Indonesia Emas 2045 pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Kota Solo, 2-3 September 2022. Indonesia Emas 2045 merupakan kondisi di mana Indonesia masuk 5 besar dunia baik dari sisi sumber daya manusia maupun ekonominya.

Founder ESQ Group Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian mengatakan Indonesia Emas 2045 merupakan tahapan kelanjutan sejarah Indonesia setelah Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, dan Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jangan berhenti di 17 Agustus 1945 lanjutkan di 17 Agustus 2045. Itu adalah visi kita,” ujar Ary Ginanjar saat memberikan sambutan di Pedan Ballroom, Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga: 7 Tokoh Indonesia Peroleh Anugerah Integritas Nasional, Jokowi di Bawah Ary Ginanjar

Ary Ginanjar mengaku bangga dengan Koordinator Wilayah (Korwil) FKA ESQ Jawa Tengah yang bisa menjadi role model di Indonesia. Keberadaan FKA ESQ bukan hanya eksis di tingkat korwil atau provinsi tetapi juga di level koordinator daerah (korda) kabupaten dan kota.

Eksistensi FKA ESQ itu akan dilanjutkan hingga ke tingkat kecamatan (korcam).  “Di tahun 2023, insya Allah saya dipercaya kalau orang Jawa Tengah sudah jalan, masya Allah alon-alon asal klakon, mangan ora mangan sing penting kumpul, maka insya Allah di tahun 2023 akhir, satu-satunya yang pertama dan juara se Indonesia mengalahkan DKI (Jakarta) akan membuat FKA sampai tingkat kecamatan dan desa,” ujar Ary Ginanjar disambut tepuk tangan peserta rakornas .

Menurutnya saat ini generasi kedua ESQ telah lahir. ESQ yang tetap eksis hingga kini karena ESQ berperan sebagai oksigen dan bukan lembaga politik.

Baca Juga: Menpan : Satu juta PNS ditargetkan ikut ESQ

“ESQ oasenya Indonesia, ESQ adalah oksigennya Indonesia, ESQ penyejuknya Indonesia, ESQ radiatornya Indonesia, ESQ insya Allah center of execelent moral karakter bangsa Indonesia. Bahkan ada teman saya yang mengatakan ESQ adalah the hart Indonesia, hatinya Indonesia,” kata Ary Ginanjar.

ESQ, lanjutnya, telah memiliki roadmap yaitu Indonesia Berkarakter 2020 (tahap I), Indonesia Sejahtera 2030 (tahap II), Indonesia Emas atau Adidaya 2045 (tahap III) dan Indonesia Atap Dunia 2085 (tahap IV). “Kita harus memiliki kompas, kipas dan jangkar. Kipas yang membuat kita bergerak (seperti kapal) dan jangkar agar kita tidak hanyut saat bersandar. Kompas kita jelas adalah Indonesia Emas 2045.”

Pidato Ary Ginanjar diawali dan diakhir dengan tembang Lir-Ilir karya Sunan Kalijaga. Tembang itu digunakan Sunan Kalijaga untuk mencerahkan masyarakat Jawa pada awal abad ke-16. “Dengan semangat Sunan Kalijaga dengan semangat Walisongo membangun Indonesia Emas menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Ketua Umum DPP FKA ESQ tersebut.

Baca Juga: Ribuan Maru UNS ikuti seminar ESQ

Ketua Organizing Committee (OC) Rakornas FKA ESQ Indonesia Bagian Barat Dr. Sunarto Isstianto mengucapkan selamat datang di Kota Solo kepada seluruh peserta yang berasal dari 15 provinsi di Jawa dan Sumatra. Dia mengatakan Solo menjadi kota pertama yang mengawali rakorwil FKA ESQ.

“Kami segenap panitia berharap rakorwil tersebut menjadi pemantik bagi FKA ESQ wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Kini saatnya bersama-sama mewujudkan visi kita ‘Bersatu Wujudkan Indonesia Emas 2045’,” kata Sunarto Isstianto.

Acara Rakornas FKA ESQ Indonesia Bagian Barat dimanfaatkan untuk pelantikan pengurus Korwil FKA ESQ Provinsi Jawa Tengah. Rakornas tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Solo Tamso yang membacakan sambutan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: ESQ diperbolehkan di Malaysia   

Rakornas digelar menindak lanjuti Sarasehan Nasional FKA ESQ pada 16 Mei 2022 lalu, di mana salah satunya adalah mengoptimalkan peran alumni FKA ESQ di seluruh wilayah Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Acara ini dihadiri oleh Laksamana TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P selaku Ketua Dewan Penasehat FKA ESQ, Komjen Pol. (Purn) Nanan Soekarna selaku Wakil Ketua Umum FKA ESQ, Dr. Aries Muftie, SE., MH. selaku Ketua Dewan Pakar FKA ESQ, dan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS selaku Wakil Ketua Dewan Pakar FKA ESQ.

Serta Jajaran dewan pengurus pusat  dan seluruh pengurus korwil (15 Provinsi) FKA ESQ wilayah Indonesia Barat yang meliputi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain itu korda FKA ESQ dari Jateng, Jatim, DKI, dan Sumatra Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya