SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberangkatan calon haji (calhaj). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Karanganyar akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji pada 21 Juni 2022. Sementara itu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat berpesan kepada para calhaj agar benar-benar menjaga kesehatan.

Sebelum terbang, jemaah sudah masuk Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali sejak 20 Juni 2022.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jemaah calhaj Karanganyar ini rencananya diberangkatkan melalui kelompok terbang (kloter) 25 dan 26. Pada kloter 25, jumlah calhaj Karanganyar sebanyak 277 orang. Mereka akan tergabung bersama calhaj asal Kabupaten Tegal sebanyak 79 orang.

Sedangkan pada kloter 26, jumlah calhaj asal Karanganyar sebanyak 149 orang terbang bersama calhaj asal Kabupaten Cilacap sebanyak 207 orang.

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso, mengatakan calhaj kloter 25 dan 26 ini termasuk gelombang kedua yang akan turun di Mekkah dan langsung melaksanakan ibadah umrah. “Kloter ini termasuk gelombang kedua yang dalam penerbangannya nanti turunnya di Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah,” ujarnya, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Duh, Separuh dari Total Calhaj Karanganyar Tak Bisa Berangkat Tahun Ini

Sementara itu, Wiharso berpesan kepada para calhaj agar benar-benar menjaga kesehatan. Hal ini agar selama mengikuti proses ibadah haji sejak berangkat hingga pulang dalam keadaan sehat.

“Dalam berbagai kesempatan saya berpesan kepada para jemaah agar menjaga kesehatan supaya lancar. Ibadah haji ini sangat berharga, apalagi sudah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19. Sehingga harus benar-benar dapat dimanfaatkan bagi yang mendapat kesempatan ini,” pesannya.

Selain menjaga kesehatan, Wiharso juga meminta calhaj agar fokus terhadap persiapan ibadah dan tidak melakukan kegiatan yang sekiranya tidak terlalu penting dan menghabiskan energi.

“Fokuslah terhadap persiapan ibadahnya dengan mempelajari ilmunya. Pikiran dan fisik jangan terforsir memikirkan acara-acara seremonial pelepasan haji. Dan jika tidak terlalu penting, tidak usah bepergian,” imbuhnya.

Baca Juga: Calhaj Karanganyar Bakal Disuntik Ulang Vaksin Meningitis

Kemenag berharap semua calhaj dapat mengikuti seluruh proses ibadah haji dengan baik dan lancar sehingga memperoleh nilai ibadah sesuai yang diniatkan.

Informasi terbaru ini berbeda dengan keterangan yang disampaikan Wiharso sebelumnya. Beberapa hari lau, Wiharso menyebut calhaj asal Karanganyar diperkirakan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji dalam kelompok terbang (kloter) 16 dan 17.

“Rencananya memang begitu. Untuk calhaj Karanganyar diperkirakan akan ikut kloter 16 dan 17. Tapi ini kan dinamis karena bisa saja ada perubahan mendadak,” ujarnya, Selasa (24/5/2022).

Saat itu ia juga mengatakan  jika tak ada perubahan, jemaah calhaj Karanganyar kloter 16 akan berangkat bersama jemaah calhaj asal Sragen. Sedangkan kloter 17 akan berangkat bersama jemaah calhaj asal Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya