SOLOPOS.COM - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Klaten, Yoga Hardaya. (dok Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Ketua DPD Partai Golkar Klaten, Yoga Hardaya, menanggapi santai terkait manuver PDIP dan Partai Gerindra yang sudah sepakat untuk berkoalisi pada Pilkada Klaten 2024.

Yoga menjelaskan masing-masing partai saling bersilaturahmi menjadi hal wajar untuk menjaga kondusivitas wilayah Klaten. “Semua masih wacana, karena keputusan finalnya ada di DPP,” kata Yoga yang kini menjabat Wakil Bupati (Wabup) Klaten saat ditemui wartawan seusai rapat paripurna di DPRD Klaten, Rabu (19/6/2024) malam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Yoga, sah-sah saja semua partai melakukan silaturahmi atau kunjungan dalam rangka menjaga kondusivitas Klaten. “Jangan sampai Pilkada berdampak pada permusuhan antarmasyarakat. Klaten bisa betul-betul kondusif dalam memilih pemimpin. Dari PDIP silaturahmi atau berkunjung ke DPC Gerindra itu hal wajar. Tidak apa-apa,” tambahnya.

Yoga menjelaskan Partai Golkar sebelumnya juga melakukan silaturahmi ke beberapa partai politik menjelang Pilkada Klaten 2024. Dia menyebutkan pengurus Partai Golkar Klaten telah berkunjung ke Partai Gerindra, PAN, serta Partai Demokrat.

“Kami rencanakan juga ke partai lain untuk bersama-sama menjaga kondusivitas Pilkada Klaten,” kata Yoga. Dia mengakui dari beberapa komunikasi sudah ada yang mengerucut untuk siap berkoalisi dengan Partai Golkar.

Hanya, Yoga masih enggan membeberkan parpol mana saja yang bakal berkoalisi. “Komunikasi lanjut terus dan sudah ada yang mengerucut tetapi saya tidak boleh menyampaikan ke umum, saya ikut saja,” jelas Yoga.

Surat Penugasan

Disinggung harapan Partai Golkar, Yoga berharap seluruh parpol bisa berkoalisi mengusung pasangan calon. “Dalam rangka menjaga ketenangan dan kenyamanan itu kalau musuhnya kotak kosong. Harapan kami ya bersama-sama. Kalau nanti ada pasangan lain, kami berharap masyarakat bisa menggunakan haknya sesuai dengan hak masing-masing,” jelas Yoga.

Sebagai informasi, sebelumnya Yoga Hardaya mendaftar sebagai bakal cabup ke enam partai meski sudah mendapatkan surat penugasan dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai cabup di Pilkada Klaten 2024.

Hal itu dia lakukan menjadi salah satu usaha untuk membangun koalisi besar. Selain menjadi bakal cabup dari Partai Golkar, Yoga mendaftar sebagai bakal cabup di PKB, PAN, Partai Gerindra, Partai Demokrat, serta PDIP.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pengurus DPC PDIP Klaten yang dipimpin Ketua DPC, Sri Mulyani, mendatangi kantor DPC Partai Gerindra Klaten, Selasa (18/6/2024) siang.

Struktural PDIP Klaten diterima Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto, serta sejumlah pengurus Partai Gerindra Klaten. Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam antara pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.15 WIB.

Hariyanto menjelaskan dalam pertemuan itu, Ketua DPC PDIP Klaten menyampaikan tujuan kedatangan untuk meminang Partai Gerindra Klaten untuk berkoalisi pada Pilkada Klaten 2024. Partai Gerindra pun menerima pinangan tersebut.

Hariyanto tak menampik dalam pertemuan itu DPC PDIP Klaten juga meminang kader Partai Gerindra Klaten untuk dipasangkan dengan bakal cabup yang diusung PDIP Klaten. Hanya, sampai saat ini DPC Partai Gerindra Klaten masih menunggu siapa nama yang bakal direkomendasikan DPP Partai Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya