SOLOPOS.COM - Endang Muryani, caleg PDIP Karanganyar di Dapil 4. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Banyak kejutan dan strategi yang dilakukan partai politik (parpol) untuk memenangi Pemilu 2024. Kejutan dan strategi ini terbaca setelah pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Pemilu 2024, dibuka.

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Karanganyar, misalnya. Kabar yang cukup mengagetkan dan diperkirakan akan mengangkat dinamika politik di Bumi Intanpari adalah adanya pergeseran penempatan kader politik atau bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di sejumlah daerah pemilihan (dapil).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Pergeseran penempatan bacaleg diklaim sebagai sebuah strategi untuk memenangi Pemilu 2024. Salah satu kader PDIP yang harus berpindah daerah pemilihan adalah Endang Muryani. Endang yang selama dua periode terakhir ditugaskan di Dapil 3 Karanganyar (Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, Jatiyoso) mendapatkan tugas di dapil baru yakni Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Colomadu dan Gondangrejo.

“Ada dua kader yang digeser. Saya dan Pak Prapto [Suprapto],” kata Endang, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (16/5/2023).

Sebagai informasi, Suprapto selama ini menjadi wakil rakyat dari Dapil 5 Karanganyar yakni di Jaten, Tasikmadu, dan Kebakkramat. Pada Pemilu Legislatif 2024, dia pindah ke Dapil 1 yaitu Karanganyar, Mojogedang, dan Matesih.

Adik kandung anggota DPR asal Karanganyar Paryono ini tidak mempersoalkan pergeseran Dapil tersebut. Bagi dia yang sudah menjadi wakil rakyat selama dua periode, menjaring konstituen baru di daerah pemilihan baru tentu bukan hal yang sulit. “Intinya saya siap ditempatkan di dapil mana pun,” tutur Endang.

Dia optimistis tetap bisa mendulang suara maksimal, meskipun Colomadu dan Gondangrejo memiliki kultur dan karakter pemilih yang tentu sangat berbeda dengan daerah pemilihan dia sebelumnya. “Karena selama dua periode menjadi anggota DPRD Karanganyar, saya juga komunikasi intens dengan masyarakat di 17 kecamatan. Jadi tidak hanya di dapil saya. Ini modal saya untuk bisa bertarung di dapil baru.”

Selain mengonsolidasikan struktur dan kader partai, Endang memastikan relawan dan masyarakat pendukungnya siap memenangkan dirinya di dapil yang baru. Hal ini tentu sejalan dengan upayanya memenangkan PDI Perjuangan di Pemilu 2024 termasuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden.

Sama halnya dengan Endang Muryani, Suprapto pun legawa dengan adanya pergeseran dapil untuk dirinya. “Di manapun ditempatkan, sebagai kader saya siap memenangkan PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya