SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka telah mengajukan charter flight China ke Solo. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Upaya menambah penerbangan langsung dari mancanegara ke Bandara Internasional Adi Soemarmo maupun sebaliknya masih jalan ditempat. Pemkot Solo mengajukan layanan penerbangan khusus sewa (charter flight) dari China.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan warga untuk bersabar menunggu kabar dari pemerintah pusat yang mengupayakan maskapai penerbangan. Upaya menambah rute penerbangan itu sudah dilakukan sekitar satu tahun terakhir.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Apalagi Solo sudah ramai, Sabtu Minggu event-nya enggak pernah berhenti,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (7/8/2023) siang.

Gibran mengatakan sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak mengenai upaya menambah rute penerbangan dari mancanegara ke Bandara Internasional Adi Soemarmo maupun sebaliknya, antara lain Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita).

Menurut dia, sejumlah rute penerbangan yang diajukan, yakni Malaysia, Singapura, dan China. “Kalau yang dari China charter flight kayak dulu. Ini mau dihidupkan lagi,” ungkap dia.

Adapun Gibran kali pertama menyampaikan permintaan sejumlah penerbangan langsung dari Indonesia ke mancanegara maupun sebaliknya ketika bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di The Purwohamijayan, Solo, Sabtu (2/7/2022).

Pembukaan kembali rute penerbangan berperan penting untuk mendukung industri pariwisata di Kota Solo. Ada sejumlah event internasional yang berlangsung di Kota Solo yang bisa menarik turis mancanegara.

Upaya menambah rute penerbangan tak hanya disampaikan kepada Sandiaga Uno, Gibran sudah bertemu Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang di Balai Kota Solo, Jumat (12/5/2023).

Solo dan Xi’an telah menjalin hubungan sister city sejak 2015. Xi’an adalah salah kota tertua di China yang memiliki sejarah panjang dan punya sumberdaya pariwisata. Solo dan Xi’an  bisa saling bertukar pengalaman.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan China ke Indonesia merupakan salah satu yang terbesar dari seluruh wisatawan mancanegara selama Januari sampai Maret 2023, masing-masing 27.080 pada Januari, 34.350 pada Februari, dan 51.974 pada Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya