SOLOPOS.COM - Co-Chair Youth 20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar (dari kiri), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Kepala Bersama Divisi Program dan Event Y20 Indonesia Rana Baswedan memberikan keterangan pers di Balai Kota Solo, Kamis (20/10/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal menyampaikan materi dengan judul Meningkatkan Peran Pemimpin Muda di Indonesia kepada para pemuda peserta Gaung Muda Indonesia Youth 20 Indonesia 2022 Presidensi G20 di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (28/10/2022) malam.

Selain itu, Wali Kota Solo bakal membahas mengenai ketenagakerjaan muda pada kegiatan pemaparan ide dari para pemuda terpilih mengenai implementasi kebijakan dari KTT Y20 Indonesia di Hotel Alila Solo pada Jumat siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Rekomendasi kebijakan KTT Y20 Indonesia 2022 berfokus pada empat isu, yakni planet yang berkelanjutan dan layak huni; ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital; dan keberagaman dan inklusi.

Communication Deputy Syafira Youth 20 Indonesia 2022 Firdayana menjelaskan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah telah konfirmasi kehadiran pada acara seremonial makan malam bersama anak muda terpilih di Pura Mangkunegaran Solo.

“Jadi dari Pak Ganjar, Pak RK, dan Mas Gibran itu berdiskusi mengenai pemimpin muda di Indonesia khususnya,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Senin (24/10/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Sandiaga Uno akan Hadiri Youth 20 di Solo

Dia menjelaskan ada 200 pemuda yang mengikuti seleksi untuk tahapan pemaparan ide dan gagasan di Alila Hotel Solo. Sebanyak 40 anak muda akan menyampaikan gagasan rekomendasi kebijakan KTT Y20 Indonesia 2022 supaya bisa diimplementasikan di daerahnya.

Sisanya bakal menonton acara Youth 20 Indonesia di Solo. “Pada cara presentasi  pemuda itu, Mas Gibran membahas ketenagakerjaan muda,” jelasnya. Dia menjelaskan kegiatan di Alila Hotel Solo berlangsung pada pukul 12.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Sementara itu, lanjut dia, Radio Republik Indonesia (RRI)  menyelenggarakan ajang festival untuk para pelajar seluruh Indonesia yaitu Festival Pelajar Nusantara 2022. RRI menghadirkan berbagai webinar  yang akan diikuti oleh 350.000 pelajar di Indonesia dari 23-27 Oktober 2022.

Baca Juga: Terungkap Alasan Solo Jadi Lokasi Event Y20 Indonesia: Wali Kotanya Masih Muda

Pertunjukan Kolosal Diikuti Pelajar

Acara puncak dimeriahkan dengan pertunjukan Kolosal Pulau Nusantara dan Artis Nasional pada, Jumat (28/10/2022). Syafira menjelaskan ada 10.000 pelajar Kota Solo yang bakal hadir di Stadion Manahan Solo mulai pukul 06.00 WIB.

“Ada rencana kedatangan Presiden Jokowi namun belum konfirmasi kehadirannya. Ada acara berkaitan Sumpah Pemuda dan parade dari pelajar,” jelasnya.

Sebelumnya, Kota Solo dipilih menjadi tuan rumah event Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 untuk mendiseminasikan hasil KTT Y20 di Jakarta dan Bandung Juli lalu. Salah satu alasan Solo dipilih karena kepala daerahnya, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tergolong muda.

Baca Juga: Y20 Harus Mendorong Kolaborasi Banyak Pihak Mewujudkan Transisi Energi

Hal itu disampaikan oleh Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar kepada wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (20/10/2022). Kegiatan bertajuk Gaung Muda Indonesia Y20 Indonesia 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Michael menjelaskan pandemi Covid-19 berdampak pada penghasilan pemuda. Forum ini membahas, di antaranya, supaya pekerja formal maupun informal bisa dilindungi, pelatihan untuk entrepreneurship, membahas kesenjangan infrastruktur digital, penipuan investasi digital, dan pengaruh gawai pada kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya