SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan audiensi dengan Solopos Media Group di kompleks Balai Kota Solo, Rabu (11/10/2023). Pertemuan itu membahas kampanye kendaraan listrik melalui Festival Motor Listrik 2023. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan mengonversi sepeda motor koleksinya yang berbahan bakar minyak (BBM) ke listrik. Gibran turut mendorong kampanyekan motor listrik.

Konversi sepeda motor listrik itu merupakan bentuk dukungan Gibran pada Festival Motor Listrik 2023 bertajuk Bangga Pakai Motor Listrik di Loji Gandrung, Solo, Sabtu-Minggu (2-3/12/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Solopos Media Group bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta pihak-pihak berkepentingan penggerak ekosistem kendaraan listrik nasional menggelar Festival Motor Listrik 2023 untuk mengkampanyekan motor listrik.

Pemimpin Redaksi Solopos Rini Yustiningsih mengatakan Festival Motor Listrik 2023 merupakan sarana masyarakat mendapatkan pengalaman langsung seputar kendaraan listrik.

Menurut dia, Festival Motor Listrik 2023 terdiri atas berbagai kegiatan, antara lain pameran kendaraan listrik, talkshow, atraksi freestyle sepeda motor listrik, modifikasi, test ride sepeda motor listrik, workshop konversi motor listrik.

“Kami mengajak Wali Kota Solo konvoi dari Loji Gandrung menuju Balai Kota Solo pergi pulang bertepatan dengan Solo CFD [Car Free Day]. Ternyata kendaraan listrik boleh melintas di jalur CFD,” jelasnya saat pertemuan dengan Gibran di kompleks Balai Kota Solo, Rabu (11/10/2023).

Rini mengatakan Gibran akan mengajak lurah se-Kota Solo atau pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) mengikuti konvoi. Kampanye dilakukan supaya menumbuhkan rasa bangga menggunakan sepeda motor listrik.

“Kenapa mengajak OPD supaya daerah lain ikut konversi kendaraan listrik. Pemerintah yang utama menjadi penggerak. Dari Solo untuk Indonesia,” paparnya.

Gibran mendukung upaya yang dilakukan Solopos Media Group bekerja sama dengan Kementerian ESDM karena sesuai dengan kebijakan Pemkot Solo. Pemkot Solo telah menginisiasi pemakaian sepeda motor listrik untuk kendaraan dinas lurah.

Menurut dia, 54 lurah telah mendapatkan sepeda motor listrik dari Pemkot Solo. Ekosistem kendaraan listrik belum sempurna namun Pemkot Solo mau memulai upaya menurunkan emisi karbon dengan kendaraan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya