SOLOPOS.COM - 26 titik prioritas pembangunan solo pada 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo berkomitmen menghadirkan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat melalui fokus yang tajam pada perekonomian dan pengembangan sumber daya manusia. Hal ini merupakan bagian integral RPJMD Kota Solo 2021-2026.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (2/7/2024), Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama jajaran Pemkot menggarap 26 titik infrastruktur pada 2024.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Titik-titik pembangunan infrastruktur itu digarap dengan kolaborasi APBD, hibah Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA), dan proyek investasi–menyusul progres 17 titik prioritas pembangunan yang sudah dikerjakan lebih awal.

Beberapa proyek pembangunan baru, di antaranya Rumah Sakit (RS) Kardiologi Emirates Indonesia, SD Negeri (SDN) Mojo, Puskesmas Banyuanyar, Pasar Joglo, SD Negeri Joglo, SD Negeri Begalon, RS Ibu Fatmawati Soekarno, SD Negeri Bromantakan, Solo AI Center of Excellence, Rumah Susun Mojo, Puskesmas Sibela, Gedung SD Negeri 6, SD Negeri Tugu, Puskesmas Sangkrah, dan Pusat Layanan Terpadu KUMKM.

Sedangkan proyek revitalisasi meliputi gedung SMP Negeri 16 Solo, Pasar Tanggulsari, Kolam Renang Tirtomoyo, SMPN 26, dan Koridor Jalan Teuku Umar.

Selanjutnya, untuk penataan kawasan menyasar pada TMP Kusuma Bakti, Kawasan Flyover Manahan, Masjid Agung, Koridor Ahmad Yani, dan Kampung Batik Kauman.

Sementara itu, pembangunan GOR Indoor Manahan yang mulanya sempat terkendala, ditargetkan dilanjutjan tahun ini. Melalui pembangunan infrastruktur yang masif selama kepemimpinan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa, sektor pariwisata di Kota Solo terus menunjukkan tren positif dengan berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan.

Berikut 26 titik infrastruktur yang dibangun pada 2024:

1. GOR Indoor Manahan
2. Koridor Ahmad Yani
3. Koridor Kauman
4. Lampu Hias Manahan
5. Pasar Joglo
6. Puskesmas Sibela
7. Pasar Tunggulsari
8. Penataan Masjid Agung
9. Rumah Susun Mojo
10. PLUT KUMKM
11. Revitalisasi TMO
12. Puskesmas Banyuanyar
13. Puskesmas Sangkrah
14. Kolam Renang Tirtomoyo
15. Koridot Teuku Umar
16. Solo AI Centre of Excelence
17. Gedung SDN Joglo
18. Gedung SDN Mojo
19. Gedung SDN Begalon
20. Gedung SDN Bromantakan
21. RS Fatmawati Ngipang Tahap 2
22. RS Kardiologi Emirates Indonesia
23. SMPN 6
24. SMPN 16
25. SMPN 26
26. Pembangunan SDN Tugu

Upaya ini semakin diperkuat dengan masuknya Kota Solo dalam Jaringan Kota Kreatif Dunia yang ditetapkan UNESCO—menandai Kota Bengawan telah berhasil menjadi tonggak penting bagi pengembangan kreativitas, seni budaya dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Serangkaian proyek infrastruktur diiringi adopsi teknologi berkesinambungan telah memberikan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan.

Upaya ini tentunya dapat menaikkan indeks daya saing dan SDM yang unggul di Kota Solo, juga mendorong progres Aglomerasi Solo Raya di tengah tingginya pertumbuhan ekonomi Kota Bengawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya