SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri pelantikan Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai Wali Kota Semarang di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Senin (30/1/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang berulang tahun hari ini, Selasa (23/1/2024).

Ucapan tersebut disampaikan Gibran melalui akun Twitter atau platform X-nya @gibran_tweet. Ucapan Gibran kepada Megawati itu mendapatkan 216 balasan dari pengguna X sampai pukul 17.04 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Selamat ulang tahun ke 77 Presiden Republik Indonesia ke 5, Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Prof. Dr. (HC) Hj. Megawati Soekarnoputri. Semoga panjang umur, sehat dan bahagia selalu,” jelas Gibran yang juga merupakan Wali Kota Solo itu.

Adapun Gibran menjadi Wali Kota Solo diusung PDIP. Kini Gibran menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan Partai Garuda.

Sedangkan PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura, mengusung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Megawati memperingati hari kelahirannya ini secara sederhana. Menurut dia, presiden ke-5 itu hanya menerima kunjungan dari orang-orang terdekat.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana, dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau,” ujar Hasto dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024), dilansir Bisnis.com.

Selain itu, lanjut dia, seluruh kader PDIP di berbagai daerah juga merayakan ulang tahun Megawati dengan kegiatan kebudayaan. Hasto mengatakan para koleganya akan membagikan tumpeng untuk masyarakat hingga melakukan penanaman pohon.

Dia menejelaskan para kader juga mengirim banyak video ucapan ulang tahun ke Megawati melalui dirinya. Hasto mengatakan, berbagai video ucapan itu akan ditayangkan dalam kanal YouTube Badan Kebudayaan Partai.

Hasto mengatakan peran Megawati dalam menjaga demokrasi Indonesia. Dia menyinggung soal isu perpanjangan masa jabatan 3 periode yang sempat digaungkan oleh orang-orang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasto mengklaim Megawati menolak permintaan perpanjangan masa jabatan tersebut meski membawa konsekuensi dalam ajang Pemilu 2024. Dia ingin ketokohan Megawati dalam menjaga amanat konstitusi harus menjadi contoh.

“Dengan meneladani perjuangan beliau, maka berbagai intimidasi yang terjadi saat ini, justru menjadi pupuk semangat untuk semakin kokoh di dalam mewujudkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya