SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengecek persiapan atau gladi bersih Apel Akbar 25.000 personel Kokam Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo, Selasa (19/9/2023) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengecek persiapan atau gladi bersih Apel Akbar 25.000 anggota Kokam Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo, Selasa (19/9/2023) siang.

Gibran datang ke Stadion Manahan didampingi ajudannya, Yusuf Islamudin, seusai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Solo, sekitar pukul 14.30 WIB. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut mengenakan kemeja batik lengan panjang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dari foto-foto yang diperoleh Solopos.com, Gibran melihat-lihat kondisi Stadion Manahan dan persiapan yang dilakukan anggota Kokam.

Gibran juga sempat berbincang dengan sejumlah pengurus Kokam Muhammadiyah. Kedatangan Gibran juga dimanfaatkan petinggi Kokam untuk memberikan jaket kebesaran organisasi tersebut kepada ayahanda Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Hal itu terlihat dari momen foto bersama petinggi Kokam dan Gibran sambil memegang jaket.

Sedangkan saat diwawancara Solopos.com, Gibran mengaku belum tahu apakah Apel Akbar 25.000 anggota Kokam Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo pada Rabu (20/9/2023) akan dihadiri Presiden Jokowi.

“Enggak tahu, nanti tak tanyakan protokol nggih,” ungkap dia.

Sementara berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) akan menggelar Apel Akbar 25.000 pasukan pada Rabu siang.

Kegiatan tersebut juga direncanakan dihadiri Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Menteri Kabinet Indonesia Maju dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Pada itu Kokam akan menegaskan komitmennya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kokam juga akan berkomitmen untuk mengawal penuh proses pemilu 2024 agar berjalan sesuai dengan konstitusi negara.

“Apel Akbar ini merupakan momentum penting bagi Kokam untuk menunjukkan komitmennya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya pada perhelatan pemilu 2024” kata Panglima Tinggi Kokam sekaligus Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla.

Dzulfikar menambahkan bahwa Kokam akan mengerahkan seluruh kadernya untuk mengawal proses Pemilu 2024.

Kokam akan bekerja sama dengan aparat keamanan dan komponen bangsa lainnya untuk menjaga kondusivitas, persatuan dan kesatuan bangsa. Apel Akbar Kokam akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti defile pasukan, pagelaran budaya dan orasi kebangsaan.

Apel Akbar ini juga akan menjadi sarana untuk konsolidasi organisasi dan meningkatkan soliditas Kokam dalam menjalankan berbagai peran dan misinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya