SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka memberikan izin penggunaan seluruh lapangan di Solo kecuali lapangan untuk Piala Dunia U-20 dan pendamping untuk kegiatan Salat Id. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo mengizinkan semua lapangan maupun fasilitas umum di Kota Solo untuk salat Idulfitri 2023 dua kali kecuali lapangan yang disiapkan untuk pertandingan dan lapangan pendamping Piala Dunia U-20.

“Lapangan piala dunia ojo sik, tunggu serah terima ya,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (18/4/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Menurut Gibran, ada sejumlah lapangan yang sedang dalam proses penjahitan rumput. Proses itu untuk menambah apik kualitas lapangan yang semula disiapkan untuk Piala Dunia U-20 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gibran mengatakan lokasi pekerjaan Kementerian PUPR untuk Piala Dunia U-20 2023 di Kota Solo, adalah Stadion Manahan Solo, Lapangan Kota Barat, Stadion Sriwedari, Lapangan Sriwaru, dan Lapangan Banyuanyar.

“Area parkir boleh [Stadion Manahan boleh]. Mangga,” papar dia.

Adapun Gibran memfasilitasi warga yang menjalankan salat Idulfitri Jumat atau Sabtu pekan ini. Ada sejumlah warga yang meminta izin memakai fasilitas umum untuk salat Idulfitri 2023 di Kota Solo.

“Saya perintahkan Kepala Bagian Kesra Setda Solo kalau lapangan dipakai dua kali tak apa-apa,” paparnya. Gibran mempersilakan Muhammadiyah memakai semua fasilitas di Kota Solo.

Dia mengklaim komitmen Pemkot Solo dalam menjamin pelayanan kepada warga dengan menerjunkan petugas keamanan serta petugas terkait lainnya selama Jumat dan Sabtu pekan ini.

“Kami urus nanti yang penting ibadahnya lancar,” ujar dia.

Gibran juga mengizinkan warga yang ingin menggunakan jalan umum untuk salat Idulfitri 2024, namun harus berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Solo dan Dinas Perhubungan Solo sebelumnya.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro X akhirnya buka suara terkait perizinan salat Idulfitri di Pamedan Pura Mangkunegaran, Jumat (21/4/2023). Mangkunagoro X memastikan pelayanan kepada semua umat.

Mangkunagoro X menjelaskan Pura Mangkunagoro mengizinkan kegiatan Salat Idulftri dua kali di Pamedan Pura Mangkunegaran. “Kami fasilitasi semuanya dengan sebaik kami,” kata dia kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp.

Sementara itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo melayani 79 lokasi untuk salat Idulfitri 2023. Lokasi itu tersebar di Solo maupun di luar Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya