SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menjalankan instruksi DPP PDIP dalam penempelan stiker Capres Ganjar Pranowo sebagai upaya mendongkrak elektabilitas Ganjar sebagai Capres PDIP 2024. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Hasil survei Kompas menunjukkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat di puncak elektabilitas dua bulan menjelang pendaftaran Pemilu Presiden 2024. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjalankan strategi untuk meningkatkan elektabilitas Ganjar.

Gibran menjelaskan upaya yang telah dilakukan dalam mendongkrak elektabilitas Ganjar adalah dengan menjalankan instruksi PDIP. Salah satu yang dilakukan Gibran menempel stiker bergambar bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (19/8/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Menempel stiker bergambar dilakukan semua kota bukan saya saja,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (21/8/2023).

Gibran menjelaskan menempel stiker bergambar Ganjar di rumah warga mengurangi sampah visual yang dipasang di ruang publik. Gibran telah mendapatkan izin dari pemilik rumah yang dia datangi untuk penempelan stiker.

“Saya melakukan itu di depan yang punya rumah. Kalau yang punya rumah menyilakan baru kami masuk. Kalau enggak dapat izin ya enggak usah,” papar dia.

Ditanya berapa efektif menempel stiker bergambar Ganjar dan Presiden Jokowi untuk meningkatkan elektabilitas Ganjar, Gibran mengatakan menunggu hasil survei terbaru. “Nanti dilihat saja surveinya ya, naik atau turun. Saya hanya mengikuti arahan partai,” papar dia.

Selain itu, lanjut dia, Gibran mengikuti kegiatan internal DPC PDIP Kota Solo melakukan sosialisasi dan jalan sehat setiap Minggu. Gibran mengklaim puluhan ribu orang mengikuti kegiatan jalan sehat menjelang Pemilu 2024 di masing-masing kecamatan di Kota Solo.

Berdasarkan hasil survei Kompas, elektabilitas Ganjar di angka 24,9%, Prabowo 24,6%, dan Anies Baswedan 12,7%. Survei dilakukan dengan tatap muka pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023.

Survei itu melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia, dengan margin of error+/- 2,65%. 

Ganjar unggul tipis 0,3% setelah sempat tertinggal 1,7% dari Prabowo pada Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya