SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Teguh Prakosa kembali menjadi Plh Wali Kota setelah Gibran Rakabuming Raka kunjungan ke AS selama hampir dua pekan. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa kembali ditunjuk menjadi Plh Wali Kota Solo selama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Amerika Serikat sampai pertengahan September 2023.

Hal itu disampaikan Sekda Solo Ahyani ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (6/9/2023) siang. Ahyani menjelaskan tidak hafal kapan Gibran dan Selvi berangkat dari Solo ke Amerika Serikat apakah hari ini atau besok.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pak Teguh menjadi Plh sampai beliau [Gibran] pulang nanti. Tanggal berapa saya tidak hafal,” jelasnya.

Ahyani mengatakan masa cuti Gibran antara sampai 14 September hingga 16 September 2024. Tidak ada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Solo yang membersamai Gibran ke Amerika Serikat.

“Setahu saya beliau hanya sama Ibu [istri Gibran, Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Keluarga Kota Solo Selvi Ananda],” paparnya.

Menurut Ahyani, Gibran berkunjung ke Amerika Serikat untuk menyampaikan program pembangunan Kota Solo dan mempromosikan Solo. Gibran mempromosikan Kota Solo seperti yang dilakukan waktu mengunjungi Paris, Prancis, tahun lalu.

Adapun Gibran masih berkantor Rabu pagi. Gibran lalu meninggalkan kantornya Rabu siang. Sementara Teguh menghadiri serah terima Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng masa jabatan 2018-2023 kepada Pejabat Gubernur Jateng Rabu pagi.

Selain itu, ada serah terima jabatan Ketua Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Kota Solo dan Ketua Dekranasda Provinsi Jateng.

Catatan Solopos.com, KJRI di New York melakukan penjajakan kerja sama program promosi ekonomi, kebudayaan, dan pariwisata dengan Pemkot Solo.  Konsul Muda KJRI New York Amanda Himawan menemui Gibran di Balai Kota Solo, Kamis (16/3/2023).

Amanda menjelaskan memilih Kota Solo karena menjadi salah satu pusat budaya Indonesia. New York juga menjadi salah satu pusat kebudayaan Amerika Serikat.

“Ini masih penjajakan kerja sama antara KJRI New York. Kolaborasinya nanti macam-macam. Misalkan penyelarasan.  Mungkin gamelan festival di New York dan Solo,” kata dia.

Gibran mengatakan akan menindaklanjuti kerja sama KJRI di New York. Gibran bakal mengumumkan kerja sama itu.

Diketahui, Teguh Prakosa menjadi Plh Wali Kota merupakan kali ketiga dalam masa jabatannya. Pertama, saat Gibran kunjungan ke Paris, kemudian ke Korsel, dan terakhir di AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya