SOLOPOS.COM - Ada sejumlah tokoh potensial jika Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju di Pilkada Jateng 2024. (Antara/Bambang Dwi Marwoto)

Solopos.com, SOLO—Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas tokoh-tokoh yang berpotensi maju di Pilkada Jateng 2024.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi tokoh paling dominan baik popularitas maupun elektabilitasnya sebagai Calon Gubernur Jateng. Selisih atau jarak tingkat keterpilihan Gibran dibandingkan tokoh-tokoh lainnya terpaut jauh.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sehingga PPI menyimpulkan hampir mustahil untuk mengalahkan Gibran sebagai Calon Gubernur jika benar-benar maju Pilkada Jateng 2024. Ayah dari Jan Ethes Srinarendra itu unggul di semua simulasi, baik elektabilitas terbuka, maupun tertutup.

Yang masih kompetitif justru di posisi atau figur Calon Wakil Gubernur Jateng. Sebab tingkat elektabilitas diantara para figur tersebut terpaut sedikit. Berikut tingkat elektabilitas tertutup Calon Wakil Gubernur Jateng 2024 di skenario 10 tokoh:

1. Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin 9,6%
2. Dico Ganinduto 7,1%
3. Ahmad Husein 6,7%
4. Sudirman Said 4,8%
5. KH Yusuf Chudlori 4,2%
6. Hendrar Prihadi 3,4%
7. FX Hadi Rudyatmo 1,4%

Sedangkan untuk elektabilitas tertutup Calon Wakil Gubernur Jateng diantara Wali Kota/Bupati di Jateng berikut nominatornya:

1. Dico Ganinduto 6,2%
2. Abdul Hafidz 5,6%
3. Sri Mulyani 5,4%
4. Achmad Husein 5,2%
5. Etik Suryani 2,3%
6. Umi Azizah 1,5%
7. Fadia Arafiq 1,4%

Sementara untuk elektabilitas terbuka Calon Wakil Gubernur Jateng di kalangan tokoh muda ternyata muncul nama Gibran Rakabuming Raka. Berikut daftar lengkapnya:

1. Gibran Rakabuming Raka 8,9%
2. Dico Ganinduto 6,4%
3. Taj Yasin Maimoen 4,8%
4. Achmad Husein 3,8%
5. Hendrar Prihadi 1,3%
6. Rustriningsih 1,2%
7. Komjen Purn Condro Kirono 1,2%

Secara umum PPI Menyimpulkan ada enam nama yang sementara ini paling diharapkan publik menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng. Mereka yaitu Taj Yasin, Dico Ganinduto, Achmad Husein, Sri Mulyani, Abdul Hafidz, dan Sudirman Said.

Tapi dengan mundurnya Taj Yasin dari calon Wakil Gubernur Jateng karena mendaftarkan diri di pemilihan Anggota DPD, sementara ini sosok Calon Wakil Gubernur Jateng yang paling unggul adalah Bupati Kendal, Dico Ganinduto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya