SOLOPOS.COM - Perancang busana asal Solo, Tuty Adib, memperlihatkan busana muslim berbahan sifon di butiknya di bilangan Jl. Pakel, Sumber, Jumat (10/4/2015). Busana itu rencananya digunakan Selvi Andanda, calon mempelai Gibran Rakabuming Raka, dalam prosesi pengajian. (Chrisna Chanis Chara/JIBI/Solopos)

Gibran Rakabuming menikah Juni mendatang. Gaun pernikahan Selvi Ananda, calon istrinya, hampir siap.

Solopos.com, SOLO — Nuansa Solo akan sangat kental di pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. Setelah diketahui mencari bahan busana pengantin dari toko kain lokal, kini kedua calon mempelai itu menggamit desainer Solo untuk merancang sejumlah busana pernikahannya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Adalah Tuty Adib, pemilik Rumah Mode Bilqis yang dipercaya menggarap rancangan mulai dari busana pengajian, busana midodareni hingga busana ijab qabul. Saat ditemui Solopos.com di butiknya di bilangan Jl. Pakel, Sumber, Jumat (10/4/2015), Tuty Adib sedang mengerjakan sebuah baju muslim berwarna turquoise (hijau kebiruan).

Gaun itu dihiasi barisan payet (mote) yang ditata memeluk bagian atas pinggang. “Bagus ini motenya, tapi tolong ditata lagi ya. Ini ada yang terlalu penuh,” ujar Tuty Adib pada salah satu asistennya.

Tuty Adib lantas menunjukkan busana berbahan sifon itu kepada Solopos.com. Dia mengatakan gaun lengan panjang itu akan dikenakan Selvi Ananda saat prosesi pengajian. Perancang busana yang mentereng sejak 2000 ini memilih warna hijau kebiruan untuk memberi kesan nyaman pada calon pengantin. “Pengajian kan pagi hari, jadi saya memilih warna fresh agar memberi kesan teduh, tenang,” ucapnya.

Gaun muslim bernuansa lembut itu akan dipadu dengan baju taqwa yang akan dikenakan Gibran. Sedangkan untuk busana midodareni, Selvi Ananda akan mengenakan kebaya warna kuning kunyit kehijauan. Warna itu melambangkan pengharapan untuk menuju sebuah pernikahan. Adapun Gibran akan menggunakan beskap landung dengan warna senada.

“Untuk ijab qabul, calon pengantin perempuan akan memakai kebaya kutu baru berwarna broken white. Itu permintaan Mbak Selvi sendiri. Menurut saya sangat cocok karena putih itu mewujudkan rasa syukur dan berserah diri,” ujar desainer kelahiran Solo, 2 April 1969.

Tuty Adib mengatakan deretan busana ini dipesan langsung oleh Iriana Jokowi dua pekan lalu. Belakangan Gibran-Selvi sering menengok butiknya untuk melihat perkembangan rancangan. Menurut Tuty Adib, kedua pasangan itu bukan tipe pelanggan yang rewel. “Mereka tidak banyak tuntutan, malah sangat akomodatif,” tutur Tuty yang harus bolak-balik Solo-Jakarta untuk menggarap pesanan mantu Presiden Joko Widodo.

Tuty yang kini lebih banyak tinggal di Ibu Kota memproyeksi busana Gibran-Selvi selesai medio Mei. Tuty mengatakan tidak ada standar khusus meski yang memesan adalah keluarga Presiden. “Sebagai profesional, semua pelanggan saya beri pelayanan maksimal. Tentu saya bangga dipercaya ikut memersiapkan pernikahan keluarga Pak Jokowi. Ini sebuah amanah.”

Tuty mengaku tidak mengerjakan gaun pengantin saat resepsi pernikahan. Informasi yang beredar, gaun tersebut dikerjakan langsung oleh perias pribadi keluarga Jokowi. “Bahannya setahu saya beludru,” ucap Tuty Adib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya