SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) didampingi Ketua Inaspoc sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kanan kedua) melihat simulasi kesiapan penyambutan atlet ASEAN Para Games di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (25/7/2022). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, BOYOLALI — Para atlet beserta official terpantau mulai tiba di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sejak Senin (25/7/2022), menjelang perhelatan ASEAN Para Games atau APG 2022.

Tiga Parking Stand telah dipersiapkan untuk pendaratan pesawat udara dari masing-masing negara. Pantauan Solopos.com di lokasi, pesawat kontingen Myanmar tiba lebih awal pada Selasa (26/7/2022) pukul 09.10 WIB. Menyusul, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapore, Kamboja, dan Timor Leste.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kontingen Laos telah mendarat pada hari Senin (25/7/2022) sedangkan Brunei Darussalam dijadwalkan tiba besok, Rabu (27/7/2022).

Legal, Complience and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo, Gerrie Razzaq, menyampaikan prosedur kedatangan atlet sama seperti prosedur kedatangan pada umumnya. “Para atlet yang telah mendarat akan melewati proses pemeriksaan imigrasi serta melakukan proses registrasi dengan tim Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) pada pos yang telah disediakan,” katanya, Selasa.

Wali Kota Solo sekaligus Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka, menyambut kedatangan kontingen Myanmar secara langsung.

Baca Juga : Sambut Atlet APG, Inaspoc Gelar Simulasi Penjemputan di Bandara Solo

Berbagai kesenian tradisional, seperti tarian daerah dan musik keroncong telah dipersiapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo untuk menyambut tamu dari berbagai negara yang mendarat di Bandara Adi Soemarmo. Para atlet dan official tampak antusias menyaksikan pertunjukan seni tersebut.

Usai menjalani rangkaian adminsitrasi di Bandara, rombongan atlet dan official diantar menuju hotel menggunakan kendaraan khusus yang telah disiapkan Dinas Perhubungan Kota Solo.

Sebelumnya, simulasi menyambut kedatangan peserta APG 2022 telah diadakan di Bandara Adi Soemarmo pada Senin (25/7/2022). Simulasi ini diikuti langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka, dan dipandu Direktur Operasional PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose.

Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan proses kedatangan para atlet dan official sejak dari garbarata hingga proses keberangkatan ke penginapan dapat berlangsung dengan tertib, lancar, dan tepat waktu.

Baca Juga : Jelang APG 2022 di Solo, Puluhan Kendaraan Pengangkut Atlet Telah Siap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya