SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka memberikan jawaban terkait hasil penghitungan suara di Balai Kota Solo, Jumat (16/2/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut banyak tokoh potensial menjadi calon Wali Kota Solo berikutnya. Kota Solo tidak akan kehabisan stok pemimpin.

“Yang lebih pintar dari saya itu banyak. Solo tidak akan kehabisan stok pemimpin,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (16/2/2024) siang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Gibran menjelaskan siapa sosok Wali Kota Solo berikutnya akan ditentukan warga. Gibran bukan ketua partai politik sehingga tidak bisa merekomendasikan calon Wali Kota Solo.

“Banyak tokoh potensial yang lebih pintar dari saya. Saya yakin Pak Rudy [Ketua DPC PDIP Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo] banyak stok yang lebih dari saya,” ujar Gibran

Gibran tidak menjelaskan sosok yang memiliki potensi. Gibran mengatakan adiknya yang merupakan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tidak masuk bursa Wali Kota Solo. Gibran meminta wartawan bertanya kepada warga siapa sosok ideal yang bisa memimpin Kota Solo.

Ditanya wartawan apakah ada peluang K.G.P.A.A. Mangkunagoro X menjadi penerusnya, Gibran menjawab diplomatis. “Ya mangga, lha aku iseh neng kene kok ngomongke pengganti Wali Kota Solo,” ungkap dia.

Adapun Mangkunagoro X mendapatkan tugas dari Gibran sebagai pembina upacara Hari Jadi ke 279 Kota Solo di Taman Balekambang, Solo, Sabtu (17/2/2024) pagi.

Mangkunagoro X bakal memiliki pengalaman kali kedua menjadi inspektur upacara di lingkungan Pemkot Solo seusai menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun lalu.

Ditanya wartawan apakah pemilihan Mangkunegoro X menjadi inspektur upacara merupakan salah satu simbol suksesi Wali Kota Solo, Gibran membantah.

Lha aku i sapa ta. Apa aku isa ngajokake uwong dadi walikota [Saya ini siapa to, apa saya bisa mengajukan orang menjadi Wali Kota Solo]. Emange aku Ketua DPC [Gibran bukan ketua partai politik],” ungkap dia.

Gibran mengatakan sejumlah tokoh bertugas menjadi inspektur upacara di lingkungan Pemkot Solo. Misalkan Ketua Bawaslu Budi Wahyono bertugas sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT ke-52 Korpri Pemerintah Kota Solo akhir tahun lalu.

Ana Widyasari, atlet cabang olahraga tenis meja asal Solo peraih emas ASEAN Para Games 2022, bertugas sebagai pembina Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 dan Hari Ibu ke-95 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya