SOLOPOS.COM - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat tiba di kediaman Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa di kawasan Jalan Wonocolo, Kota Surabaya, Kamis (6/6/2024). (Antara/Moch Asim)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengapresiasi munculnya figur-figur perempuan bakal pemimpin Solo 2024. Dia senang karena banyak juga sosok muda yang masuk radar sebagai bakal Cawali-Cawawali Solo tahun ini

“Bagus, bagus, banyak perempuan, banyak anak mudanya,” kata dia baru-baru ini. Gibran meyakini Solo tidak akan kekurangan figur pemimpin sepeninggalnya nanti.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Apalagi figur perempuan juga muncul dalam penjaringan bakal Cawali-Cawawali Solo di DPC PDI Perjuangan (PDIP) Solo, seperti Anna Budiarti, dan RA Ignasia Sukma Putri Maharani.

Ada juga nama R.Aj. Mayyasari Timoer Gondokusumo, yang merupakan figur eksternal dari PDIP. Secara profesi atau latar belakang, Gibran juga menyampaikan rasa bangganya, karena figur-figur bakal Cawali-Cawawali Solo dari berbagai latar belakang yang berbeda. “Ada advokat, budayawan, Pak Wawali, banyak kan,” urai dia.

Terpisah, tiga perempuan berebut tiket maju Pilkada Solo 2024 sebagai bakal Calon Wali Kota dari koalisi gabungan partai-partai politik (parpol). Mereka yaitu Rektor Universitas Surakarta (Unsa), Astrid Widayani; Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung, dan pegiat sosial sekaligus Founder Diwa Foundation, Diah Warih Anjari.

Mereka telah mendaftar ke DPC Partai Gerindra Solo, DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo dan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Solo. Berdasarkan catatan Solopos.com, Astrid mengambil formulir pendaftaran bakal Cawali di DPC Partai Gerindra Solo dan DPD PSI Solo, pada Kamis (9/5/2024).

Dia kemudian mengambil formulir di DPC PKB Solo pada Jumat (31/5/2024) malam. Sedangkan Sekar mendaftar di DPC Partai Gerindra Solo dan DPD PSI Solo pada Selasa (4/6/2024).Pada malam harinya, Sekar juga mendaftar di DPC PKB Solo. Sementara Diah Warih mendaftar di DPC Partai Gerindra Solo dan DPD PSI Solo pada Rabu (5/6/2024).

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengatakan hingga Minggu (9/6/2024) ada empat pendaftar bakal Cawali-Cawawali Solo yang masuk. Mereka yaitu Astrid Widayani, Sekar Tandjung, Diah Warih Anjari, dan Heru Cipto Nugroho yang merupakan pengusaha kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Masa pendaftaran bakal Cawali-Cawawali Solo di DPC Partai Gerindra Solo akan ditutup tengah malam ini. “Sudah ada empat tokoh yang mendaftar ke kami,” urai dia. Untuk koalisi Pilkada Solo 2024, Ardianto menjelaskan, Partai Gerindra akan berkoalisi dengan PSI.

Koalisi itu sudah bisa mengusung pasangan Cawali-Cawawali Solo karena mempunyai 10 kursi DPRD Solo. “Untuk koalisi sudah kami bentuk, insya Allah koalisi kami dengan PSI. Minimal kan 9 kursi. Kami sudah 10 kursi,” terang dia.

Sedangkan Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo, mengatakan pendaftaran bakal Cawali-Cawawali Solo di tempatnya dibuka hingga 1 Agustus 2024. Hingga Minggu ini sudah ada enam pendaftar yang mendaftarkan diri. Mereka yaitu empat pendaftar bakal Cawali Solo, dan dua pendaftar bakal Cawawali Solo.

“Sampai hari ini sudah enam orang mendaftar, terdiri empat pendaftar Cawali dan dua pendaftar Cawawali. Mudah-mudahan ikhtiar baik ini menemukan jalan yang baik, dan dimudahkan jalannya ke depan,” sambung dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya