SOLOPOS.COM - Solo Safari menjadi percontohan kerja sama pemerintah daerah dan swasta di Tanah Air. (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO–Solo Safari menjadi destinasi wisata percontohan kerja sama antara pemerintah dengan swasta di Tanah Air. Hal itu bakal memicu calon investor lain untuk menanamkan investasi di Kota Solo.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat menghadiri acara ngobrol bareng Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) di Makunde Resto, Solo Safari, Rabu (9/8/2023). Acara tersebut berlangsung secara tertutup.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Seusai acara, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan acara itu membahas perkembangan sektor pariwisata yang berkontribusi positif terhadap serapan tenaga kerja dan perekonomian daerah.

“Ini tadi yang datang owner-owner tempat rekreasi. Yang dibahas ya pariwisata. Solo Safari ini jadi percontohan kerja sama antara pemerintah dengan swasta. Nanti, harapannya banyak investor lain yang melakukan hal sama di Kota Solo,” ujar dia, Rabu.

Kerja sama tersebut diwujudkan dalam pembangunan destinasi wisata atau kuliner. Sehingga, aktivitas ekonomi bergerak kencang yang berkontribusi terhadap laju perekonomian daerah.

Gibran mencontohkan Solo Safari merupakan wujud kerja sama pemerintah yang menggandeng Taman Safari Indonesia. “Ada Solo Safari, Lokananta di Solo. Kalau Taman Balekambang saya masih nunggu kabar lanjutan,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) sekaligus Deputi Direktur Taman Safari Indonesia, Hans Manansang, mengatakan tidak ada pengadaan lahan meski ada penambahan satwa dan wahana baru pada fase kedua. Satwa baru itu meliputi harimau, unta, dan jenis satwa lainnya.

Para pengunjung diajak lebih dekat menonton aktivitas satwa di kandang. “Untuk fase satu, lahan yang yang digunakan 60%-70%. Jadi masih ada 30% yang bisa dimanfaatkan untuk kandang satwa dan wahana baru,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya