SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berziarah ke makam mantan Wali Kota Pertama Sindoerejo di Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres, Rabu (14/6/2023). (Istimewa/forkompim.solo).

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa berziarah ke makam para mantan Wali Kota Solo, pada Rabu (14/6/2023) pagi. Ditemani sejumlah pejabat pemerintah lainnya, Gibran dan Teguh menaburkan bunga dan memanjatkan doa terbaik bagi para mantan Wali Kota Solo yang telah wafat.

Kegiatan ziarah dilakukan untuk menyambut Hari Jadi ke 77 Pemerintahan Kota Solo yang jatuh pada Jumat (16/7/2023) mendatang. Mengutip dari Instagram @forkompim.solo, Gibran bersama jajarannya berziarah ke makam Wali Kota Solo yang pertama di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Berziarah di makam Wali Kota Solo pertama, Sindoeredjo yang ada di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres,” tulis di postingan story.

Seperti diketahui, Sindoeredjo merupakan Wali Kota Solo pertama yang menjabat selama dua bulan saat masa awal kemerdekaan. Orang nomor satu di Solo waktu itu menjabat pada periode 19 Mei 1946 sampai 15 Juli 1946.

Setelah berziarah ke makam mantan Wali Kota pertama, para pejabat pemerintah kota (pemkot) melanjutkan berziarah ke makam mantan Wali Kota Solo ke 12 di makam Mangkunegaran Astana Bibis Luhur. Namun, Gibran tampak tidak ikut atau terekam dalam video yang dibagikan, hanya Teguh dan pejabat lainnya.

Mantan Wali Kota Solo ke 12, Soekatmo Prawirohadisebroto merupakan orang nomor satu di Kota Bengawan pada periode 1980 hingga tahun 1985.

Ziarah dilanjutkan ke makam Mantan Wali Kota Solo, Slamet Suryanto di Astana Bonoloyo. Slamet menjabat sebagai Wali Kota Solo selama lima tahun pada 2000 sampai 2005.

Kemudian, para pejabat juga berziarah ke makam Mantan Wali Kota Solo periode 1995 sampai 2000, yakni Imam Soetopo. Makam tokoh tersebut berada di Astana Utara, Nayu, Banjarsari, Solo.

Diperlihatkan dalam gambar video, sosok Imam Soetopo baru saja wafat pada tahun lalu, yakni 11 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya