SOLOPOS.COM - Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo. Foto diambil Selasa (6/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan pengerjaan proyek pembangunan Taman Pracima atau Pracima Tuin di kompleks Pura Mangkunegaran telah rampung. Taman Pracima siap menjadi destinasi wisata baru.

Sesuai rencana, Taman Pracima akan mulai dibuka untuk masyarakat umum pada 21 Januari 2023. Taman yang dibangun di lahan bekas lapangan tenis di barat daya kompleks Pura Mangkunegaran itu diproyeksikan menjadi salah satu destinasi wisata heritage di Kota Solo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Taman Pracima menawarkan sensasi seni, budaya, dan kuliner. Nantinya, taman yang dikelilingi bangunan-bangunan berkonsep akulturasi Jawa dan Eropa itu berfungsi sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

“Sudah selesai [pengerjaan pembangunan Taman Pracima]. Nanti ya tunggu 21 Janauri 2023,” kata Gibran seusai kegiatan apel pengamanan Operasi Lilin Candi 2022 di halaman Mapolresta Solo, Kamis (22/12/2022).

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyampaikan Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran bakal menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kota Solo dan sekitarnya pada tahun depan.

Baca Juga: Isi Liburan di Mangkunegaran Solo, Ada Kelas Tari hingga Foto Busana Adat Lo

Bangunan-bangunan di Taman Pracima bergaya arsitektur Jawa dan Eropa akan menjadi magnet bagi para pengunjung. Namun demikian, Gibran enggan membeberkan soal aturan maupun harga tiket masuk bagi pengunjung di Taman Pracima.

“Nanti ya, nanti saja. Itu yang bisa menyampaikan Kanjeng Gusti [KGPAA Mangkunagoro X]. Aturanne pokoke mbayar ana restoran,” ujarnya.

Royal Dinner

Pekerjaan pembangunan Taman Pracima di Pura Mangkunegaran merupakan salah satu proyek prioritas di Kota Solo. Kini, Taman Pracima siap menyapa masyarakat sebagai ruang publik dan menjadi wadah pengembangan kesenian dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Solo.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Buku Gibran Wali Kota Karbitan Dirilis Besok di Taman Pracima

Ada tiga bangunan di area taman, yakni Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik. Pracimaloka terletak di sisi barat, sedangkan Pracimawisik di sisi timur pojok taman. Sementara Pracimasana menjadi bangunan utama taman yang terletak di tengah taman.

Sebelumnya, KGPAA Mangkunagoro X mengungkapkan soft opening Taman Pracima dilakukan pada 21 Januari 2023. Nantinya, ada restoran yang menawarkan beragam menu kuliner khas Mangkunegaran.

Para pengunjung Taman Pracima bisa mencicipi kuliner khas Mangkunegaran saat sarapan atau Royal Dinner di kompleks Pura Mangkunegaran Solo. Jamuan ala kerajaan Jawa itu menjadi salah satu paket wisata menarik untuk pengunjung.

Baca Juga: Asyik! Night Market Kembali ke Ngarsapura Solo pada Malam Tahun Baru 2023

Terkait aturan dan tarif pengunjung, KGPAA Mangkunagoro X menyampaikan masih dalam tahap pembahasan. “Dari sini perlahan-lahan dibuka untuk masyarakat. Saya berharap pengunjung mendapatkan pengalaman positif dan menyenangkan,” papar dia.

Mangkunagoro X menambmahkan Taman Pracima nantinya bakal buka setiap hari. “Sistemnya seperti apa, tarifnya bagaimana akan kami sampaikan lebih lanjut,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya