SOLOPOS.COM - Inspektur upacara KGPAA Mangkunagoro X mengambil bendera Merah Putih untuk dikibarkan oleh anggota Paskibra pada upacara HUT ke-78 RI di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (17/8/2023). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO– K.G.P.A.A Mangkunagoro X direncanakan bertugas sebagai inspektur upacara Hari Jadi ke 279 Kota Solo di Taman Balekambang, Solo, Sabtu (17/2/2]24) pagi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (16/2/2024) siang. Gibran mengatakan petugas inspektur upacara (irup) lingkungan Pemkot Solo selalu bukan Gibran akhir-akhir ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sekarang irupnya beda-beda terus. Saya enggak pernah jadi irup lagi. Yang jelas kami memberikan tempat untuk semua tokoh-tokoh menjadi irup,” jelas dia.

Gibran memberikan contoh Ketua Bawaslu Budi Wahyono bertugas sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT ke-52 Korpri Pemerintah Kota Solo akhir tahun lalu.

Ana Widyasari, atlet cabang olahraga tenis meja asal Solo peraih emas ASEAN Para Games 2022, bertugas sebagai inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 dan Hari Ibu ke-95 2023.

“Karena besok di Taman Balekambang, karena Balekambang itu kan berkaitan dengan Mangkunegaran. Ya saya pengin beliau jadi irup di situ sekaligus anggap saja besok kayak soft opening Taman Balekambang,” ungkap dia.

Adapun Mangkunagoro X bakal memiliki pengalaman kali kedua menjadi inspektur upacara di lingkungan Pemkot Solo. Mangkunagoro X didapuk menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun lalu.

Ditanya wartawan apakah pemilihan Mangkunegoro X menjadi inspektur upacara merupakan salah satu simbol suksesi Wali Kota Solo, Gibran membantah.

“Lha aku i sapa ta. Apa aku isa ngajokake uwong dadi wali kota [Saya ini siapa to, apa saya bisa mengajukan orang menjadi Wali Kota Solo]. Emange aku Ketua DPC,” ungkap dia.

Sekda Solo Budi Murtono mengatakan ada 500-an peserta yang akan mengikuti upacara di Taman Balekambang. Mereka adalah pegawai organisasi perangkat daerah dan unsur masyarakat.

“Para peserta akan makan jenang di Taman Balekambang. Beberapa orang lainnya akan mengikuti festival jenang di kawasan Ngarsapura,” ungkap dia.

Selain itu, kata Budi, Pemkot Solo akan menggelar Opera Adheging Kutha Sala di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo, Sabtu (17/2/2024) pukul 19.00 WIB. Pertunjukan di Pendapi Gede untuk mengantisipasi hujan.

“Secara umum Opera Adheging Kutha Sala mengingatkan kembali ke warga mengenai sejarah berdirinya Kota Solo yang tak lepas dari sejarah Keraton Kartasura. Semangat persatuan dan kesatuan warga Solo harus kami jaga dan tumbuhkembangkan terus di tengah tahun politik,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko menambahkan ada atraksi tari pada upacara di Taman Balekambang besok. Kirab Boyong Kedhaton di Balai Kota Solo ditiadakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya