SOLOPOS.COM - Lokasi tanah di Jl Kol Sutarto, Jebres, Solo, yang akan dipakai membangun Lulu Hypermarket, jaringan usaha dari peritel terbesar di Asia dan Timur Tengah, PT Lulu Group Retail. Foto diambil Senin (29/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakosa)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka buka suara mengenai alasan wilayah Jebres dipilih oleh peritel terbesar di Asia dan Timur Tengah, PT Lulu Group Retail, untuk membangun hypermarket.

Gibran menjelaskan PT Lulu Group Retail sudah menetapkan lokasi pilihannya. Perusahaan ritel yang berkantor pusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), tersebut segera mendirikan bangunan usaha di wilayah Jebres.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ditanya kenapa Jebres dipilih, Gibran mengatakan keputusan itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solo. “Sesuai pas kampanye kemarin dan RPJMD. Solo utara mau kami genjot,” katanya ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (29/8/2022) pagi.

Putra Sulung Presiden Jokowi itu mengatakan Pemkot Solo mengusulkan beberapa lokasi kepada salah satu peritel terbesar di Asia dan Timur Tengah yang memiliki jaringan hypermarket di 22 negara itu. Namun ternyata Lulu Group memilih Jebres.

Sebelumnya, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Solo Gesang Prihanto menjelaskan PT Lulu Group Retail memilih lokasi di Jl Kolonel Sutarto, Solo, tepatnya arah timur gedung PMI Kota Solo atau tenggara RSUD dr Moewardi (RSDM).

Baca Juga: Peritel Terbesar Asia Bangun Hypermarket di Jebres Solo, Groundbreaking November

“Timur PMI, nggih ada tanah kosong,” katanya kepada wartawan, Senin (29/8/2022). Gesang menjelaskan lahan itu bukan milik Pemkot Solo namun milik swasta. “[Lahan milik] swasta PT Nagaria itu milik Iwan [bos] Sritex [PT Sri Rejeki Isman],” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah menyiapkan beberapa lokasi untuk outlet Lulu Hypermarket kepada salah satu peritel terbesar Asia PT Lulu Group Retail. Hal itu disampaikan Gibran saat diwawancarai wartawan di Balai Kota Solo pada Mei lalu.

Namun saat itu Gibran belum mengungkapkan lokasi mana saja yang disiapkan. “Lagi survei ada beberapa tempat supaya milih yang mana bagus untuk mereka,” katanya.

Baca Juga: Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Bukan Mal

Gibran menyebut pilihan lokasi yang disiapkan tidak hanya Solo bagian utara. “Ada yang Solo utara ada di tengah kota. Macam-macam, tenang saja,” paparnya.

Menurutnya, konsep outlet yang dibangun Lulu Group bukanlah bangunan mal tapi lebih seperti outlet Hypermart. “Ya pokoknya investasi, membuka lapangan kerja, ya itu,” jelasnya.

Berdasarkan catatan Solopos.com, PT Lulu Group Retail meresmikan kerja sama dengan Pemkot Solo terkait rencana pembangunan hypermarket itu pada Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Peritel Raksasa Asia Lulu Hypermarket Ekspansi Ke Solo, Wilayah Utara?

Nota kesepahaman ditandatangani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan perwakilan PT Lulu Group Retail. Penandatanganan kesepakatan pembangunan hypermarket terbesar Asia di Solo itu disaksikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

Berdasarkan informasi dalam laman lulugroupinternational.com, Lulu Group merupakan perusahaan konglomerasi besar dengan diversifikasi bisnis yang beragam. Perusahaan ini didirikan oleh visioner bisnis terkenal, Yusuff Ali MA. Saat ini LuLu Group telah berkembang menjadi kontributor utama dalam perekonomian kawasan Teluk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya