SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberikan arahan kepada aparatur sipil negara (ASN) di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo, Rabu (26/4/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta aparatur sipil negara (ASN) fokus melayani masyarakat meski dinamika politik memanas.

Hal itu disampaikan Gibran kepada ASN ketika memberikan arahan kepada ASN setelah cuti Lebaran 2023 di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo, Rabu (26/4/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Dinamika politik sudah semakin panas, sudah semakin keras. Ada yang sudah deklarasi, ada yang pindah partai, ada yang setiap hari melakukan konsolidasi. Saya tegaskan sekali lagi untuk bapak ibu semua yang hadir pada pagi hari ini untuk tidak terpengaruh,” jelasnya.

Dia mengatakan semua ASN harus fokus pada pekerjaan masing-masing. Tenaga kerja dengan perjanjian kontrak (TKPK) tidak boleh menghilang waktu jam kerja.

“Kepala OPD [organisasi perangkat daerah] jangan ada yang takut dengan TKPK. Fokus pekerjaan yang ada sekarang, kita fokus melayani warga dulu karena PR kita masih banyak,” ungkapnya.

Gibran menilai pencapaian Pemkot Solo kuartal I tergolong baik sesuai Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Operasional Kegiatan (Pok). ASN harus mengurangi anggaran yang bersifat seremonial namun alokasi yang lebih meningkatkan pelayanan.

“Peresmian, potong pita, yang namanya potong pita itu tidak ada manfaat atau pengaruh langsung untuk warga fokus pelayanan saja kurangi seremonial kurangi acara-acara yang pidatonya sampai lima kali, enam kali itu sudah enggak ada pengaruhnya,” ujarnya.

Gibran meminta ASN untuk fokus mengurangi angka pengangguran terbuka. Data kemiskinan ekstrem menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo turun dari 3% menjadi 0,8 %.

“0,8% itu masih banyak. Makanya fokus itu, harus dihabiskan, harus dinolkan. Termasuk kawasan kumuh dan program untuk mengenolkan kasus stunting. Fokus dan ikuti progresnya setiap bulan,” ungkapnya.

Gibran mengatakan semua OPD juga harus merespons aduan masyarakat melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ASN) dan melalui media sosial. Masalah sampah serta parkir di Kota Solo selama libur Lebaran 2023 menjadi perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya