SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka selfie bersama saat bertandang ke rumah Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo, Sabtu (29/4/2023). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan target khusus dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kota Bengawan.

“Kemarin aku juga dipeseni sama Pak Sandi. Tapi aku lali targete piro. Di bawahnya Jogja dikit. Kita kan bukan ibukota,” kata dia ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (2/5/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebagai informasi, Sandi hadir dan terlibat pada Solo Menari 2023 yang masuk Kharisma Event Nusantara atau KEN 2023 akhir pekan lalu. Sandi memuji capaian pembangunan Kota Solo di bawah pimpinan Gibran dua tahun terakhir. Kota Solo bisa menjadi inspirasi daerah lainnya.

“Kemarin beliau berpesan agar lebih banyak mengundang wisatawan-wisatawan asing. Benar-benar jadi kota, ibukota tari. Kemarin liat ndak saya dan Pak Sandi salaman dengan bule sing duwur banget. Dia yang menyusun proposal untuk UNESCO Creative Cities Network [UCCN],” ujar dia.

Dia mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempekerjakan konsultan yang merupakan orang asing untuk membantu Kota Solo mendapatkan predikat UCCN sebagai kota tari atau ibu kota tari.

“Kalau kita sudah jadi kota creative cities network itu, kita bikin event-event internasional gampang sekali. Kemarin yang mendorong Pak Sandi juga,” jelas dia.

Dia mengatakan konsultan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah mulai menyusun proposal untuk Kota Solo  sebelum Lebaran 2023. Kota Solo telah gagal dua kali ketika mengajukan proposal UCCN.

Selain UCCN, lanjut Gibran, Sandi berusaha membuka akses penerbangan internasional langsung di Kota Solo. Dua kota itu adalah Singapura dan Kuala Lumpur.

“Itu wajib. Wajib. Simpel itu. Wisatawan Singapura, Kuala Lumpur itu paling simpel. Paling penak, pesawat murah,” jelas dia. Gibran mengatakan meminta menunggu kapan rencana itu direalisasikan.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Siti Khotimah, mengatakan target kunjungan wisatawan Kota Solo selama 2023 sebanyak 1,4 juta wisatawan.

Sebagai informasi, wacana menjadikan Kota Solo menjadi bagian dari UCCN serta membuka akses penerbangan langsung ke luar negeri kali pertama mengemuka pada Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di The Purwohamijayan, Solo, Sabtu (2/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya