SOLOPOS.COM - Petugas PMI Sragen menangani warga terkena gigitan ular. (Istimewa/Dokumentasi PSC 119 Sukowati Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Ular tanah (Calloselasma rhodostoma) merupakan salah satu jenis ular berbisa tinggi. Habitat ular tanah banyak dijumpai di Sragen wilayah utara.

Ketua Exalos Regional Sragen, Lanjar Purbowo, mengatakan komunitasnya mendapatkan laporan seorang warga digigit ular tanah di perkarangan rumah Dukuh Grogol RT 016 RW 005, Desa Kedawung, Kecamatan Mondokan, Sragen, Sabtu (5/2/2022) malam. Exalos bersama PMI Sragen melakukan pertolongan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ular tanah termasuk berbisa tinggi. [Kasus gigitan ular] seperti di Sumberlawang dulu yang membuat tangan korban sampai menghitam. Tapi pantauan kami [terhadap korban gigitan ular dari Dukuh Grogol] sampai hari ini cukup bagus untuk lukanya,” jelasnya, Minggu (6/2/2022).

Baca Juga: Hi Ular Piton 1,5 Meter Lilit Usuk Kamar Lansia di Kroyo Sragen

Lanjar mengatakan belum mengetahui secara detail mengenai kronologi korban sampai tergigit ular. Namun habitat ular tanah berada di Sragen bagian utara, termasuk di Kecamatan Mondokan.

“Untuk habitatnya di lahan kering, seperti Sragen di wilayah utara kebanyakan. Kami belum pernah menemui di wilayah Sragen selatan. Utara sering sampai perbatasan Ngawi dan sampai Bojonegoro,” kata dia.

Lanjar mengatakan karakteristik ular tanah hampir sama dengan ular lainnya dengan musim kawin pada September dan Oktober. Ukuran ular tanah dewasa memiliki panjang sekitar 60 sampai 70 sentimeter.

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Tips Aman Saat Bertemu Ular dari Exalos Sragen

Sebelumnya, seorang warga Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Wagiyo, 45  digigit ular berbisa jenis calloselasma rhodostoma yang membuat tangan kanannya bengkak, melepuh, dan berwarna hitam hingga sulit digerakkan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, gigitan ular itu didapat Wagiyo saat dia membersihkan ladangnya pada Senin (28/9/2020). Selesai membabat rumput dan dedaunan, ia beristirahat sejenak dengan duduk di atas bebatuan. Tanpa disangka, dari celah batu itu terdapat ular bandotan yang dikenal berbisa dengan racun tinggi.

Ular itu tiba-tiba menggigit lengan kanan Wagiyo. Spontan Wagiyo mengibaskan lengan kanannya hingga gigitan ular itu terlepas. Sambil menahan sakit akibat gigitan ular, Wagiyo pun pulang dan menganggap semua akan baik-baik saja. Namun, beberapa saat kemudian, dia merasakan nyeri yang luar biasa pada lengan kanannya.

Baca Juga: Hiii Tebing Sungai di Karangmalang Sragen Ini Diduga Jadi Sarang Ular Piton

 

Jemput Wagiyo

Setelah dibujuk rayu keluarga, Wagiyo akhirnya bersedia dibawa ke RSUD dr. Soeratno Gemolong. Akan tetapi, saat itu ia menolak saran dokter untuk dirawat inap. Dia hanya minta dirawat jalan dengan diberi sejumlah obat pereda nyeri. Akan tetapi, setelah diminum beberapa hari, obat itu ternyata tidak cukup efektif menangkal racun ular.

Alih-alih sembuh, dampak gigitan ular itu justru semakin mengganas. Selain membengkak, lengan kanan Wagiyo juga melepuh dan menghitam seperti gosong. Terdapat benjolan-benjolan di permukaan kulit yang berisi cairan. Kondisi itu membuat lengan kanan Wagiyo sulit untuk digerakkan.

Pada Rabu (30/9/2020) sore, sukarelawan dari PMI Sragen datang untuk menjemput Wagiyo dan membawanya ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Pemerintah Desa (Pemdes) Ngargosari juga datang untuk membujuk Wagiyo supaya mau dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: Warga Ngaku Lihat Ular Piton 4 Meter di Tebing Sungai di Karangmalang Sragen

Akan tetapi, bujukan dari sukarelawan PMI, Pemdes Ngargosari dan keluarga tidak bisa mengubah pendirian dari Wagiyo. Ia tetap kukuh tak mau dibawa ke RS dengan dalih tetangganya yang pernah dirawat di rumah sakit akibat gigitan ular justru meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya