SOLOPOS.COM - Aliansi Buruh Soloraya mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran di Gedung Djoeang 45 Solo, Minggu (28/1/2024) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Sekitar 1.000 buruh dari belasan pabrik di Soloraya mendeklarasikan dukungan untuk pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran, di Gedung Djoeang 45 Solo, Minggu (28/1/2024) siang.

Mereka juga menyatakan siap bergerak menggalang dukungan untuk Prabowo-Gibran agar menang satu putaran di Pemilu 2024. Deklarasi dukungan dipimpin oleh Ketua Aliansi Buruh Soloraya, Agus Riyanto atau Anto.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami buruh Soloraya dengan ini menyatakan siap memenangkan Prabowo-Gibran di Pemilu 2024. Kami buruh Soloraya menyatakan Wong Solo pilih Wong solo. Kami buruh Soloraya dengan penuh kesadaran akan membawa virus kemenangan untuk Pak Prabowo-Gibran,” pernyataan mereka.

Anto saat diwawancara wartawan mengatakan buruh yang ikut deklarasi dari 14 perusahaan di Soloraya. Ada juga buruh yang tidak masuk serikat pekerja atau serikat buruh. “Kami Aliansi Buruh dari 14 perusahaan Soloraya. Saya mewakili teman-teman,” terang dia.

Anto mengatakan buruh non-serikat di Soloraya cukup banyak. Jumlah mereka disebut mencapai ribuan orang. “Banyak kawan-kawan buruh yang tidak masuk serikat kan. Mereka tidak tahu Pemilu bagaimana, kami jelaskan. Kami beri briefing ke mereka,” urai dia.

Ditanya alasan memilih Prabowo-Gibran, menurut Anto karena mereka dinilai sebagai sosok yang paling layak melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi). Tidak terkecuali sosok Gibran yang selama ini banyak dicibir dan direndahkan karena masih sangat muda.

“Dalam debat kami lihat orang yang pantas meneruskan fondasj yang telah diletakkan Pak Jokowi orang dua ini lah. Seperti debat terakhir kemarin, kami melihat Mas Gibran bisa mewakili anak muda. Menjawab pertanyaan yg dilontarkan Pak Mahfud, Pak Muhaimin, kita bisa lihat sendiri poinnya kan,” sambung dia.

Dari berbagai parameter, Anto menjelaskan para buruh menentukan pilihan kepada paslon nomor 2. “Dari situ kami putuskan ke Pak Prabowo-Gibran,” tandas dia. Disinggung adanya sebagian buruh yang deklarasi mendukung paslon 3, menurut dia tidak ada masalah.

Sebab setiap buruh mempunyai hak untuk menentukan pilihan mereka. “Kami tetap 02, kalau teman teman yang ke paslon lain kami tidak menghiraukan. Ini kami menjaring teman-teman yang belum berserikat. Kan banyak teman-teman buruh yang belum berserikat,” urai dia.

Anto berharap pasangan Prabowo-Gibran akan meningkatkan kesejahteraan kaum buruh ketika menjadi Presiden dan Wapres. “Paslon 02 akan meneruskan program program dari Pak Jokowi. Mas Gibran sudah tahu dunia bisnis kan. Kami percaya mereka akan menyejahterakan kaum buruh,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya