SOLOPOS.COM - DPD Partai Nasdem Boyolali mendaftarkan 50 bacaleg DPRD Boyolali ke KPU setempat, Kamis (11/5/2023) siang. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Partai Nasdem menjadi parpol berikutnya setelah PDIP yang menyerahkan dokumen pendaftaran bakal calon anggota legislatif atau bacaleg DPRD pada Pemilu 2024 mendatang. Rombongan parpol tersebut datang ke Kantor KPU Boyolali pada Kamis (11/5/2023) siang.

Mereka membawa 50 nama bacaleg ke KPU Boyolali. Rombongan yang dipimpin Ketua DPD Nasdem Boyolali, Nurul Khawari, itu tiba sekitar pukul 10.50 WIB. Mereka kemudian menyerahkan dokumen berisi nama-nama bacaleg kepada KPU Boyolali.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Bakal calon yang kami ajukan ada 50. Dari lima dapil [daerah pemilihan] yang ada, insyaallah lengkap,” ujar Nurul kepada wartawan di sela-sela acara. Ia juga menjelaskan Partai Nasdem Boyolali juga telah memenuhi batas kuota 30 persen perempuan di daftar bacaleg.

Namun, Nurul tak menyebut jumlah pastinya. Lebih lanjut, terkait kursi pada Pemilu 2024, ia menjelaskan DPD Partai Nasdem menargetkan masing-masing satu kursi di tiap dapil. Sehingga, Partai Nasdem Boyolali menargetkan lima kursi di DPRD.

“Mudah-mudahan kami menargetkan di periode 2024 ini kami bisa satu graksi di DPRD Boyolali. Sehingga ikut mensupport proses demokrasi dalam konteks perubahan potensi dan tetap bersinergi dengan stake holder politik lain di Boyolali,” jelas dia.

Nurul menjelaskan langkah realistis yang akan dilakukan DPD Partai Nasdem Boyolali agar mencapai target yaitu memetakan potensi bacaleg yang dimiliki. “Kami memiliki kelompok-kelompok, komunitas, sampai struktural ke bawah, itu yang kami maksimalkan nanti,” jelas dia.

Partai Nasdem Boyolali juga akan menjalin silaturahmi ke tokok-tokoh agama, pemuda, dan banyak stakeholder politik. Nurul mengungkapkan bacaleg Partai Nasdem Boyolali didominasi para pemuda usia 25 hingga 30-an tahun.

Persentase bacaleg muda dari Partai Nasdem Boyolali lebih dari 50 persen dan termuda kelahiran 1998. “Kami banyak diisi darah-darah muda yang sadar politik. Sadar dan menghendaki adanya perubahan ke depan. Kalau persentase, lebih dari 50 persen muda,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, mengungkapkan pada Kamis ini, ada dua partai politik yang menyerahkan dokumen bacaleg DPRD Boyolali yaitu PDIP dan Partai Nasdem. KPU juga telah memeriksa formulir pengajuan dan daftar nama serta kelengkapan administrasi lainnya.

“PDIP pagi ini pukul 08.30 WIB, lalu Partai Nasdem pukul 11.00 WIB. Di hari-hari berikutnya, kami sudah berkoordinasi dengan partai-partai politik, dan kebanyakan partai politik memilih di tanggal 12 Mei 2023,” ujar dia.

Ali mengungkapkan pendaftaran bacaleg yang dimulai pada 1 Mei 2023 akan ditutup pada 14 Mei pukul 23.59 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya