SOLOPOS.COM - Perwakilan DPD Partai Nasdem Klaten mendaftarkan 50 bacaleg untuk Pemilu 2024 ke KPU Klaten, Kamis (11/5/2023) siang. (Istimewa/Partai Nasdem Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Klaten mendaftarkan 50 bakal calon anggota legislatif atau bacaleg untuk bertarung memperebutkan kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024 ke KPU setempat, Kamis (11/5/2023) siang.

Di antara puluhan bacaleg itu, ada mahasiswa yang ikut nyaleg. Partai Nasdem datang ke Kantor KPU Klaten sekitar pukul 13.00 WIB. Hanya sekitar 13 perwakilan dari parpol tersebut yang mendatangi KPU lantaran ada pembatasan jumlah rombongan pendaftar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Perwakilan Partai Nasdem itu diterima komisioner KPU Klaten. Ketua DPD Partai Nasdem Klaten, Harjanto, mengatakan 50 bacaleg Partai Nasdem terdiri dari 32 laki-laki dan 18 perempuan.

Sekitar 20 persen dari bacaleg berasal dari kaum milenial termasuk petahana yang maju lagi, Willy Paul Rindorindo. “Kalau latar belakang dari ASN dan kades aktif tidak ada. Jadi dari 50 orang itu beragam di antaranya ada pengusaha dan mantan kades,” kata Harjanto saat berbincang dengan Solopos.com seusai pendaftaran.

Sementara itu, bacaleg termuda dari Partai Nasdem Klaten berumur 21 tahun. Dia masih berstatus mahasiswa. “Kebetulan hari ini saat pendaftaran tidak ikut,” kata Harjanto.

Soal target, Harjanto menargetkan bisa meraih empat kursi DPRD Klaten atau memenuhi untuk membentuk satu fraksi. Pada Pemilu 2019, Partai Nasdem meraih satu kursi di DPRD Klaten. “Kami realistis saja. Tidak perlu ngoyoworo,” ungkap dia.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten, Samsul Huda, mengatakan hingga hari kesebelas pembukaan pendaftaran bacaleg Pemilu 2024, baru ada dua partai politik yang mendaftarkan bacaleg.

Kedua Parpol itu masing-masing PDIP dan Partai Nasdem yang sama-sama mendaftarkan bacaleg masing-masing pada Kamis pagi dan Kamis siang. “Pendaftaran ini kami hanya mengecek kelengkapan berkas, artinya ada atau tidaknya berkas. Soal keabsahan berkas, nanti ada seleksi administrasi pada 15-23 Mei,” kata Samsul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya