SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Arah rekonsiliasi dua raja Keraton Surakarta yang diharpkan damai, kini semakin liar. Jika, kubu PB XIII – KGPH PA Tedjowulan telah mencapai kesepakatan damai, di sisi lain kubu yang berada di dalam Keraton justru hendak menobatkan GPH Mangkubumi menjadi PB XIV.

GPH Mangkubumi tak lain adalah putra sulung Sinuhun PB XIII dari istri keduanya yang sering disapa mBak Win. Artinya, Mangkubumi bakal “berbenturan” dengan ayahndanya sendiri dalam konflik Keraton Kasunan Surakarta ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah keluarga keraton dari kalangan muda telah menyuarakan agar putera sulung PB XIII Hangabehi, KGPH Mangkubumi segera dinobatkan sebagai raja pengganti ayahnya.

“Keluarga dari Keraton sudah banyak yang mendukung. Kami yakin, usulan kami disetujui,” ujar salah satu kerabat wayah dalem Keraton, BRAy Retno Puspito Mandarwati Kusumo Wardani kepada Solopos.com, Minggu (20/5/2012).

Sejauh ini, Solopos.com belum berhasil meminta konfirmasi GPH Mangkubumi ini. KGPH Poeger, sang paman, tidak bersedia memberitahu di mana keberadaan Mangkubumi saat ini.

Namun dari berbagai informasi yang dikumpulkan Solopos.com, Mangkubumi ini adalah salah satu putra lelaki tertua PB XIII Hangabehi yang tinggal di lingkungan Keraton.

“Sinuhun Hangabehi memiliki tiga isteri. Isteri pertama melahirkan seorang puteri, BRA Rumbai, isteri kedua mempunyai tiga orang anak, dua putri dan satu putra salah satunya ya Mangkubumi. Sedang istri ketiga, mempunyai seorang putra dan putri yang masih keci,” papar sumber Solopos.com yang tidak bersedia disebut namanya ini.

Mangkubumi, nama kecilnya adalah BRM Dimas Suryo, dan kini telah berusia sekitar 25 tahun. Jika rencana penobatannya sebagai PB XIV jadi dilaksanakan, maka konflik Keraton akan kembali semakin berkepanjangan.

“Tapi patut diduga, itu hanya psy war. Lha Raja yang bertahta masih hidup kok mau ada penobatan raja lain itu aturannya dari mana,” kata salah seorang sentana dalem. Mulyanto/Aries Susanto/JIBI/SOLOPOS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya