SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Panitia Pelaksana, Ade Mulya, memberikan keterangan pers mengenai pagelaran seni budaya yang bertajuk Persembahan dari Solo  di Loji Gandrung, Solo, Senin (4/9/2023). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Grup K-Pop, Xodiac bakal konser di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (17/9/2023) malam. Pertunjukan itu gratis disaksikan langsung maupun secara virtual.

Gibran menjelaskan mengundang Xodiac serta sejumlah seniman lokal. Kota Solo pengin belajar dari Korea Selatan. Event dan program pembangunan tidak pernah putus di Kota Solo selama dua tahun terakhir.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“17 titik prioritas pembangunan yang ada di Kota Solo semuanya menonjolkan industri kreatif. Namanya Solo sekali lagi tidak punya sumber daya alam, nanti ke depan yang kami dorong itu adalah sumber daya kreatif,” kata Gibran di Loji Gandrung, Solo, Senin (4/9/2023).

Menurut dia, Korea Selatan sama seperti Solo dulunya tidak punya apa-apa, namun kini Korea Selatan menjadi perhatian dengan K-Pop. Pemerintah Korea Selatan berhasil menyiapkan segala kebutuhan untuk memaksimalkan sumber daya kreatifnya.

Gibran mengatakan memilih Xodiac untuk hadir di Kota Solo karena salah satu personelnya adalah warga yang berasal dari Indonesia, yakni Muhammad Rifki Fahri Zayyan. Gibran sudah bertemu Zayyan ketika mengunjungi Korea Selatan Juni lalu.

Menurut Gibran, acara itu gratis. Gibran akan membagikan 100 tiket gratis yang akan dibagikan melalui media sosialnya dalam waktu dekat. Acara itu juga bisa disaksikan melalui Shopee Live melalui aplikasi Shopee.

Panitia Pelaksana, Ade Mulya, menjelaskan Pemkot Solo berkolaborasi dengan Shopee Indonesia menghadirkan pagelaran seni budaya yang bertajuk Persembahan dari Solo. Event itu menggambarkan dedikasi dan semangat Solo sebagai cerminan kota yang harmonis antara warisan masa lalu dan modernisasi.

“Sejumlah artis dan musisi yang akan tampil, antara lain Anggun, Xodiac, Fabio Asher hingga legenda Keroncong asli Solo Waldjinah,” jelas dia.

Menurut Ade, penyelenggara hanya mengundang total 200 tamu terdiri atas pelaku industri kreatif, budayawan, sejumlah pihak yang mendukung acara, serta 100 warga Solo yang mendapatkan tiket gratis.

“Kami bikin se-intimate mungkin. Warga yang tidak mendapatkan tiket bisa nonton di Shopee Live,” jelas dia.

Ade mengatakan Zayyan terkesan dengan Gibran ketika bertemu di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Zayyan ingin pulang serta berkunjung ke Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya