SOLOPOS.COM - Goa Mangkubumi di Sragen. (Facebook/ Kraton Sembur Suwuk)

Solopos.com, SRAGEN — Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memiliki sejumlah destinasi wisata religi, salah satunya adalah Gua Mangkubumi. Gua ini merupakan petilasan Pangeran Mangkubumi sebelum diangkat menjadi Hamengkubuwana I.

Gua Mangkubumi berlokasi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen. Objek wisata ini memiliki dua gua yang terletak di bawah pohon besar dan tak jauh dari sungai. Dua gua tersebut bernama Gua Lanang dan Gua Wedok.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Gua Lanang memiliki bentuk ruang yang mirip huruf L. Di dalamnya terdapat patung patah yang bagian kepalanya telah hilang. Posisi Gua Mangkubumi ini menurun sehingga pengunjung harus merangkak untuk masuk ke dalam gua.

Baca Juga: Gunung Srandil di Cilacap Menjadi Pepunden Tertua di Tanah Jawa

Berdasarkan keterangan di akun Facebook Kraton Sembur Suwuk, Gua Mangkubumi di Sragen ini digunakan Pangeran Mangkubumi untuk tempat bertapa. Di sekitar gua juga terdapat tempat geladi yang digunakan olah kanuragan oleh Pasukan Mangkubumi.

Tak hanya itu, tempat ini juga untuk melatih ketelitian, kesabaran, dan pernafasan agar menjadi pasukan yang kuat. Cara untuk melatih tersebut, yakni dengan melemparkan cincin ke sungai lalu menyelami untuk menemukan cincinnya. Tempat yang menjadi petilasan Hamengkubuwana I ini juga digunakan untuk latihan pencak silat dan berlatih perang.

Objek wisata ini kerap digunakan untuk melakukan ritual dan bersemadi pada malam hari. Sementara pada Minggu siang, banyak pengunjung untuk berwisata.

Baca Juga: Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Seperti yang dikabarkan Solopos.com pada September 2020, Gua Mangkubumi menjadi tempat persembunyian sang pangeran dari kejaran Pasukan Belanda. Perlawanan Pangeran Mangkubumi terhadap Pasukan Belanda dikenal dengan peperangan Mangkubumen pada 1746-1757.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya